Cara Pasang Kotak Pencarian di blog

Share tentang cara pasang kotak pencarian di blog. Untuk memasang kotak pecarian atau penelusuran cukup mudah. Tutorial ini lebih dikhususkan kepada blogger pemula atau orang yang baru membuat blog di blogspot karena kalau blogger yang sudah lama ngeblog hal ini sudah tidak asing lagi. Contohnya saya yang sedang membuat postingan ini karena sudah sering ngeblog makanya saya menulis tentang tutorial ini hehe. Jika anda ingin lebih mengetahui tentang widget-widget yang terdapat di blog khususnya platform blogspot silahkan lihat juga manfaat widget blog di blogspot yang sering digunakan.
Cara pasang kotak pencarian di blog :
1.    Masuk ke dashboard blog anda
2.    Pilih tata letak
3.    Pilih tambahkan gadget
4.    Pilih kotak penelusuran (klik tanda +)
5.    Terakhir simpan setelan
Lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Pasang Kotak Pencarian di blog
Selamat kota penelusuran anda telah jadi, silahkan dilihat pada tampilannya di blog anda. Untuk mengganti/menulis nama kotak penelusuran sesuai keinginan anda silahkan masuk lagi ke tata letak dan klik edit pada kotak penelusuran tersebut maka anda tinggal memasukan tulisan nama dan simpan kembali. Selain itu anda juga dapat menempatkan posisi kotak penelusuran atau pencarian tersebut terserah anda.
Saran :
Penempatan kotak pencarian di blog bisa dimana saja. Namun saran saya tempatkanlah di bagian kanan atas blog anda atau di bagian bawah deskripsi blog anda. Penempatan juga tergantung template blog yang anda gunakan. Intinya setiap pemasangan widget blog agar kelihatan rapi oleh pengunjung. Dengan begitu akan menjadi daya tarik blog kita dimata pengunjung.
Sekian share kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


EmoticonEmoticon