Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pupuk Organik Padat dan Cair dari Kulit Pisang

Cara Membuat Pupuk Organik Padat dan Cair dari Kulit Pisang – Kulit pisang selain sebagai sumber penghasil enzim xylanase, kulit pisang juga merupakan bahan organik yang mengandung unsur kimia seperti magnesium, fosfor dan sulfur yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Membuat pupuk organik dari kulit pisang dapat dilakukan dalam dua bentuk yaitu bentuk pada dan bentuk cair.

Pembuatan Pupuk Organik dari Kulit Pisang dalam bentuk padat :

1. Potong-potong atau cacah kulit pisang dan basahi

2. Kulit pisang yang telah dipotong-potong dicampur dengan bekatul atau dedak. Campur kulit pisang dengan bekatul atau dedak dengan perbandingan 20:1

3. Cairkan gula pasir ¼ kg dengan satu liter air, kemudian pada larutan gula tersebut dimasukan ¼ liter bakteri dan diaduk hingga merata.

4. Larutan gula yang telah dicampur dengan bakteri disiramkan ke campuran kulit pisang, aduk hingga rata kemudian ditumpuk hingga ketinggian kurang lebih 15-20 cm dan ditutup rapat. Dalam waktu kurang lebih 4-7 hari pupuk organik dari kulit pisang telah siap digunakan.

Pembuatan Pupuk Organik dari Kulit Pisang dalam bentuk padat :

1. Kulit pisang diblender atau ditumbuk sampai membentuk cairan. Kulit pisang dicampur dengan air dalam perbandingan 1:1 artinya jika 5 kg kulit pisang maka dicampur dengan 5 liter air

2. Cairan kulit pisang tersebut kemudian dicampur dengan larutan gula dan bakteri seperti pada pembuatan pupuk organik padat.

3. Rendam larutan selama kurang lebih 3-4 hari dan pupuk organik cair dari kulit pisang siap digunakan. Setiap 1 liter pupuk organik kulit pisang dicampur dengan 10 liter air.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pupuk Organik Padat dan Cair dari Kulit Pisang"