Blog Ibarat Buku Tanpa Kertas

Setiap buku memiliki penulisnya begitu juga dengan blog. Menulis pada blog disebut blogger atau admin sedangkan menulis buku disebut penulis atau pengarang. Pada dasarnya blogger juga senang menulis tapi belum bisa disebut penulis karena penulis harus memiliki buku karyanya sendiri tapi seorang blogger tidak akan sulit membuat buku karena semua tulisannya sudah berada di blog dan tinggal dibukukan saja dengan sedikit sentuhan tangan editor.

Buku yang menarik akan mendatang banyak pembaca dan penggemar kepada penulisnya sehingga banyak penggemar yang selalu ingin berhadapan langsung dengan sang penulis, bahkan meminta tanda tangan penulis tersebut. Blog juga memiliki penggemar atau pelanggan tetap sehingga semakin menarik suatu blog melalui postingan-postingannya maka semakin banyak pula pengunjung yang akan berkunjung (penggemar). Sama halnya dengan penulis buku, blogger juga memiliki penggemar yang selalu ingin bertemu. Apalagi para blogger yang sudah terkenal, khususnya di Indonesia.
Jumlah penggemar pun relatif, kadang bertambah atau berkurang. Hal inilah yang dengan sendirinya membuat penulis atau blogger harus kreatif dalam melahirkan karya-karya untuk selalu berkarya. Penulis selalu membuat buku baru atau buku berseri sedangkan blogger juga harus selalu update postingan agar pengunjug tidak bosan.
Satu buah buku jika telah selesai dibaca oleh pembaca maka keseruan pemabaca itu sendiri tentang buku tersebut juga ikut selesai dan dia akan menantikan buku terbaru. Pengunjung atau penggemar suatu blog juga akan mulai jarang berkunjung jika semua postingan sudah dibaca. Maka penulis buku dan blogger harus semakin kreatif dalam aktivitasnya masing-masing. Jadi blog itu ibarat buku tanpa kertas.


EmoticonEmoticon