Begini Cara Mencegah Erosi pada Pengikisan Tanah

Ato Basahona Share tentang cara pencegahan atau mencegah erosi pada pengikisan tanah. Sebelum membahas tentang cara mencegah erosi kita harus mengetahui dulu, apa itu pengertian erosi ? Erosi adalah suatu proses penghancuran, pangangkutan/perpindahan dan pengendapan tanah atau disebut sedimentasi. Pada dasarnya erosi disebab oleh 2 faktor utama yaitu air dan angin, pengikisan tanah oleh angin juga dikatakan erosi karena terjadi pangangkutan/perpindahan tanah dari suatu tempat ke tempat lain.
Cara pencegahan erosi sebenarnya cukup sederhana karena semua telah tersedia di alam dan kita sebagai manusia tinggal memanfaatkanya agar siklus alam berfungsi secara alami, sistem alam akan berjalan sebaik-baiknya dan tidak berdampak buruk pada manusia. Untuk mencegah terjadinya erosi perlu dilakukan hal-hal berikut :
1.    Tanam pohon dan rumput
Tanamlah pohon dan rumput. Dimana harus menanam ? di pekarangan rumah atau pada lahan kosong yang tidak dimanfaatkan. Apa bila kita memiliki pekarang rumah diusahakan agar menanam pohon karena fungsi dari tajuk pohon akan menahan laju air hujan yang kemudian dialirkan melalui cabang dan batang pohon sehingga laju air hujan tidak dapat mengalami penurunan dan tidak dapat menghancurkan permukaan tanah.
Seandainya  pada pekarangan rumah atau lahan yang tersedia tidak dimungkinkan untuk menanam pohon, maka tanamlah dengan rumput, banyak rumput yang dapat digunakan sebagai tanaman hias pekarangan. Dengan adanya rumput juga berfungsi untuk menahan air hujan dapat bersentuhan langsung dengan tanah, disamping itu rumput juga dapat membuat laju aliran permukaan (run off) menjadi rendah sehingga dapat mengurangi seminimal mungkin proses penghancuran dan pengangkutan tanah. Ayo mulai menanam dari sekarang karena tidak ada ruginya, pohon memilki manfaat yang begitu banyak salah satunya sebagai tanaman peneduh dipekarangan rumah dan apabila tanaman buah maka buahnya juga dapat dimanfaatkan.
2.    Buatlah Terasering
Apa itu Terasering ? Terasering adalah salah satu teknik konservasi tanah dan air yang dibuat untuk mengatasi lahan dengan kemiringan curam atau sangat curam.
Jika anda berada pada lahan dengan kemiringa curam atau sangat curam atau tergantung situasi yang menurut anda lahan dengan kemiringan maka selain menanam pohon atau rumput anda juga dapat membuat terasering.
Ini adalah contoh terasering di lahan pertanian :

Sumber : nandawikyta.blogspot.com
Saya kira hanya 2 cara diatas yang sangat perlu dilakukan, namun jika ada tambahan atau shering tentang cara pencegahan atau mencegah erosi pada pengikisan tanah, silahkan langsung saja ke kolom komentar atau ke forum tanya jawab di navigasi blog ini.


EmoticonEmoticon