4 Definisi Kemiskinan Menurut Ahli

4 Definisi/Pengertian Kemiskinan Menurut Ahli -Dalam kamus Poerwadarminta (1976), pengertian kata miskin adalah tidak berharta benda, serba kurang. Sedangkan pengertian kemiskinan adalah perial miskin, kemelaratan dan kepapaan. Kemiskinan adalah keadaan ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup minimum.

4 Definisi Kemiskinan Menurut Ahli
Robert Chambers (1987), menyatakan bahwa kemiskinan sebagai keadaan kekurangan, namun bukan hanya itu, kemiskinan adalah kekurangan untuk yang banyak dan kemakmuran untuk yang sedikit. Kemiskinan dianggap sebagai peristiwa sosio-ekonomi dimana sumber daya yang ada digunakan untuk memuaskan keinginan yang sedikit sedangkan yang banyak tidak dapat memenuhi kebutuhan pokoknya sendiri.
Menurut Ismail Arianto,dkk. (1988), dalam buku Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, dikatakan bahwa kemiskinan merupakan salah satu masalah yang paling berpengaruh terhadap timbulnya masalah sosial. Masalah sosial adalah salah suatu keadaan yang terjelma dimana masyarakat merasakan adanya ancaman yang menyangkut banyak orang.
Pudjiwati Sajogyo (1985) dalam bukunya Sosiologi Pembangunan, menyatakan bahwa kemiskinan merupakan salah satu penyebab rendahnya kualitas penduduk Indonesia, disamping faktor lain seperti tingkat produktivitas, pendidikan, kesehatan, dan keadaan sosial lainnya.


EmoticonEmoticon