Sistem Pewarnaan Peta yang Perlu Diingat

Selain informasi dalam peta yang disajikan dalam bentuk simbol atau tanda, juga digunakan pewarnaan.

Sistem Pewarnaan Peta yang Perlu Diingat
Dalam sistim pewarnaan ini yang perlu diingat ialah :
a.    Maksud dari pemberian warna yaitu agar peta lebih artistik dan informatif serta unsur-unsurnya tampak lebih jelas.
b.   Beberapa jenis peta mempunyai ketentuan tentang pemakaian warna, misalnya pada peta topografi terdapat ketentuan mengenai pemakaian warna. ( unsur air memakai warna biru, vegetasi warna hijau dan garis kontur warna coklat).
c.   Pemakaian warna untuk peta kehutanan sebagian besar sudah ada pembakuan, dengan tujuan agar dapat digunakan sebagai standar bagi peta-peta yang  dibuat sehingga akan memudahkan dalam penggunaannya. Standar warna untuk pemakaian cat gambar digunakan warna ecoline.
d.   Apabila dalam lembar peta terdapat beberapa informasi yang memiliki karakteristik warna yang sama, maka yang diutamakan menggunakan warna adalah informasi atau unsur utama dari obyek pembuatan peta tersebut.
e. Dalam pewarnaan tidak bisa dilakukan duplikasi warna, sebaiknya untuk informasi lain nya dibuat dalam simbol yang berbeda disesuaikan dengan tujuan penyajian informasi tersebut.

Lihat Juga : Pengertian dan Penjelasan tentang Isi Peta 


EmoticonEmoticon