Satu Blog Lebih Baik agar efektif dan efisien

Ini hanya menurut saya Satu Blog Lebih Baik agar efektif dan efisien tapi jika anda mau membuat lebih dari satu blog silahkan saja selama itu yang terbaik buat anda hehe. Banyak penjelasan dari para blogger senior yang mengatakan beternak blog, dengan asumsi jika satu blog menghasilkan 100.000 rupiah perbulan maka jika kita memilki 10 blog berarti kita akan menghasilkan 1000.000 perbulan. Menurut saya hal itu bagus karena akan menambah penghasilan kita.

Namun, menurut saya hal itu butuh kerja keras, lebih khususnya lagi hal itu akan lebih cocok dengan para blogger yang full time seingga mereka hanya fokus pada pengelolaan blog. Hal ini akan sangat sulit bagi para blogger yang tidak full time atau memiliki kesibukan lain, membuat banyak blog hanya akan membuat blog lambat berkembang. Apalagi blogger pemula seperti saya yang juga memiliki kesibukan lain selain ngeblog.
Saya teringat sebuah istilah teman saya “ Menyukai Banyak Hal dalam Satu Hal Lebih Baik dari pada Menyukai Satu Hal dalam Banyak Hal” artinya jika kita mempunyai satu blog dan kita menuangkan semua pengetahuan kita disitu akan lebih baik dari pada kita memiliki pengetahuan dan menuangkan dibanyak blog, bisa dibayangkan, hasilnya juga tidak akan maksimal. Memang ada juga yang mengatakan buat blog utama dan yang lain hasil review dari blog utama tapi hal itu butuh banyak waktu. Seperti yang saya katakan sebelumnya jika blogger yang bukan full time pasti akan mudah jenuh dan hasilnya juga akan kurang maksimal.
Bagaimana jika fokus saja pada satu blog dan maksimalkan semaksimal mungkin mulai dari perbanyak konten, tingkatkan SEO blog dan desain tampilan semenarik mungkin maka akan mendapatkan penghasilan yang mencapai penghasilan dari beberapa blog.
Misalnya satu blog menghasilkan rata 100 ribu perbulan, 10 blog rata-rata 1000.000 perbulan. Bagaimana jika kita hanya memiliki satu blog dan berpenghasilan lebih dari satu juta, berarti lebih baik satu blog saja hehe. Agar kita lebih fokus dalam mengembangkannya.
Ini hanya menurut saya sebagai seorang blogger pemula, saya yakin bagi para blogger mastah semuanya memiliki lebih dari satu blog, saya pun berpikir demikian jika sudah senakin paham dalam dunia blogger, kemungkinan saya juga akan membuat blog tambahan. Tapi untuk saat ini satu blog lebih baik hehe.


EmoticonEmoticon