Cara Cepat Mengingat Nama Ilmiah Tumbuhan

Pada kesempatan kali ini saya akan Share tentang bagaimana cara agar kita cepatmengingat nama-nama ilmiah tumbuhan atau tanaman baik yang tanaman yang terdapat disekitar kita maupun yang jauh dari lingkungan seari-hari kita. Saya sengaja menggunaka kata mengingat karena menurut saya jika kita menghafal kita akan cepat lupa sedangkan jika kita mengingatnya lewat pemahaman berdasarkan karakter kunci maka disaat kita melihat tanaman atau tumbuhan tersebut kita dapat langsung mengingatnya.

Cara Cepat Mengingat Nama Ilmiah Tumbuhan
Mengingat perkataan seorang dosen saya sewaktu dibangku kuliah mengatakan bahwa “ Semakin Banyak Anda Menghafal, Semakin Banyak Anda Lupa”, saya sepakat dengan beliau karena kita sebagai manusia memiliki kemampuan mengafal yang berbeda-berbeda disamping itu kita juga memiliki kapasitas kerja otak yang berbeda pula sehingga sering kita lihat atau mendengar terdapat perbedaan IQ pada masing-masing manusia. Akhirnya saya mulai menerapkan cara belajar memahami setiap buku-buku yang saya baca dan bukan menghafalnya, begitu juga dengan tumbuhan saya berusaha memahami karakter kunci dan tidak mengahafalnya. Takutnya jika sudah berusia lanjut semua yang kita hafal dapat hilang dengan sendirinya hehe.
1. Baca dan pahami buku-buku jenis tanaman
Membaca merupakan makanan otak yang harus sering kita lakukan, sebab dengan membaca semuanya akan tersimpan dimemori kita dan yang pastinya menambah pengetahuan kita tentang jenis-jenis tanaman. Sekali lagi saya katakan baca dan pahami bukan baca dan menghafal hehe.
2. Diskusi dengan teman
Setelah kita kita membaca buku-buku tentang jenis tanaman, perbiasakan berdiskusi dengan teman atau bisa jadi dengan tenaga pengajar dan pendidiki misalnya guru dan dosen serta dengan orang yang lebih paham, teman yang diajak diskusi khususnya teman-teman di lingkungan pendidikan anda agar tema diskusinya menjadi menarik sebab berdasarkan disiplin ilmu yang sama. Dengan berdiskusi maka semakin menambah pengetahuan kita dan kita dapat terhindar dari pemahan subjektif (pemahan berdasarkan diri sendiri). Apa yang kita pelajari dan kita pahami belum tentu benar, oleh karena itu proses diskusi ini sangat penting untuk menghindari hal itu.
3. Menyebut langsung nama ilmiah
Nah, cara yang ke 3 ini yang sering saya lakukan, mungkin akan terlihat aneh tapi hal itulah menjadi cara saya belajar mengingat nama-nama ilmiah tumbuhan. Caranya yaitu setelah saya mengetahui nama ilmiah tumbuhan dan karakter kunci (ciri khas) tersebut, setiap kali berjalan dan melihat jenis tumbuhan tersebut saya selalu mengatakan nama ilmiahnya tapi hanya dalam hati, sekali lagi dalam hati. Dengan begitu saya lebih familiar dengan nama ilmiah tumbuhan tersebut karena setiap melihatnya saya tidak lagi menyebut nama lokalnya tapi langsung nama ilmiah, ingat ! hanya dalam hati saja hehe.
Contoh :
Di depan jurusan saya kuliah lalu banyak terdapat pohon-pohon yang ditanam, saya tidak menghafal nama ilmiahnya tapi selalu mengingatnya karena setiap hari saya di kampus dengan melihat tanaman-tanaman tersebut dan menyebutnya nama ilmiahnya.
Ala bisa karena biasa, itulah cara belajar saya mengingat nama dan memahami nama ilmiah tumbuhan dan cara itu sampai sekarang sudah menyatu dengan karakter saya, sehingga saat saya berjalan saya selalu menyebut nama ilmih tumbuhan dalam hati, sebutan nama lokal hanya saat saya berbicara dengan teman tentang tanaman atau tumbuhan tersebut.
Jangan lupa kenali dan pahami juga karakter kunci tanaman (ciri khas) agar kita lebih mudah mengingat dan mengetahui jenis tanaman meskipun tanaman tersebut berjarak cukup jauh dari posisi kita, hal semacam ini akan sangat bermanfaat saat anda melakukan analisis vegetasi atau identifikasi jenis tumbuhan di alam (hutan).
Ketiga cara diatas merupakan cara saya dalam mempelajari tumbuhan, namun jika ada cara teman-teman yang lain silahkan di Share agar kita dapat saling berbagi demi pengembangan pengetahuan terkait cara belajar mengetahui nama ilmiah tumbuhan sekaligus memahami karakter kuncinya (ciri khas).

Sekian pengalaman yang dapat saya Share kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.


EmoticonEmoticon