4 TIPS Penting Bagi yang Mau Membuat BLOG

Pada kesempatan kali ini saya akan Share tentang beberap tips bagi anda yang mau membuat blog. Tips ini juga dikhususkan bagi anda yang memang berniat serius untuk ngeblog karena kalau hanya iseng atau sekedar membuat blog karena tuntutan tugas pendidikan silahkan saja menyimak tips ini, siapa tahu saja setelah blog anda jadi dengan seiring waktu berjalan, anda akan berubah pikiran untuk terus kembangkan blog anda dengan tujuan komersil.

Tips yang saya Share ini berdasarkan pengalaman dan belajar otodidak saya selama kurang lebih setahun tentang blog, saya memang senang otodidak (belajar sendiri) tentang hal apapun termasuk ngeblog sebab saya sendiri awalnya tidak memiliki dasar pengetauan tentang pengelolaan blog.
Berikut adalah tips yang akan saya Share buat anda yang baru akan membuat blog :
1.    Tentukan Topik Blog
Topik sangat penting dalam pengelolaan blog jangka panjang. Ada seorang kenalan saya yang telah kurang lebih dua tahun ngeblog pernah mengatakan kalau dia awalnya salah mengambil topik dan dia berencana untuk membuat blog baru. Padahal menurut saya blognya itu sudah cukup baik, bahkan sudah mendapatkan keuntungan finansial dari blognya tersebut. Jadi menurut saya topik blog sangat penting di awal anda membuat blog sehingga anda akan selalu memperoleh ide dan gagasan dalam konten blog anda.
Saran saya, carilah topik yang sesuai dengan pengetahuan atau hobi anda sehingga pengelolaan blog kedepan akan terasa nyaman dan blog juga dapat cepat berkembang. Anda juga dapat membuat blog dengan memuat banyak topik (blog gado-gado) tapi anda tetap harus mendominankan pembahasan topik yang sesuai dengan pengetahuan anda. Contohnya blog yang sementara anda kunjungi ini, disiplin ilmu saya adalah Ilmu Kehutanan, namun saya memadukannya dengan tutorial sebab bagi saya tutorial itu adalah pengetahuan umum yang wajib diketahui oleh semua kalangan masyarakat. Namun, saya harus tetap mendominasikan postingan-postingan yang terkait dengan ilmu kehutanan sehingga walaupun blog gado-gado tapi kita memiliki ciri khas dimana pengunjung.
2.    Jangan copy paste 100 %
Mungkin ada yang tidak sependapat dengan tips nomor 2 diatas, tapi tenang dulu akan saya jelaskan maksudnya hehe.
Jangan copy paste 100 % maksudnya adalah jika topik blog kita membahas tentang Referensi Ilmu Pengetahuan. Biasanya kita akan mencantumkan pengertian menurut para ahli oleh sebab itu kita harus copy paste pengertian tersebut karena kita tidak bisa merubah pengertian para ahli tersebut.
Nah, hanya pengertian-pengertian menurut para ahli saja yang kita copy paste setelah kita kita dapat memberikan penjelasa-penjelasan lain menurut pengetahuan kita. Itulah maksudnya saya jangan mencopy paste 100 %.
Penting :
Google sangat menyukai postingan-postingan yang orisinil, dengan begitu blog kita akan semakin disayang google dan dapat diindeks dengan baik sehingga blog kita pun dapat berada di 10 besar halaman pertama google.
3.    Sering membuat postingan blog
Saya sengaja tidak mengatakan rutin membuat postingan sebab saya menyadari kesibukan tiap orang itu berbeda-beda. Memang setiap hari membuat postingan sangat baik untuk berkembangan blog tapi jika ada kesibukan lain yah sering-sering ajalah asal jangan kelamaan hehe. Dengan seringa membuat postingan maka perlahan-lahan pengunjung blog akan semakin meningkat karena semakin banyak pengetahuan yang mereka peroleh di blog kita.
4.    Terus belajar dari blog-blog besar
Kita harus terus belajar, belajar dan belajar dari blog-blog yang telah terkenal baik di Indonesia maupun di luar Indonesia, sebab ada sebuah petuah : Jika ingin sukses maka bejalarlah dari orang yang sukses. Dengan terus belajar maka kita akan pengetahuan blog kita semakin bertambah dan blog kita akan semakin berkembang.
Sekian 4 tips yang dapat saya Share berdasarkan pengalaman saya, jika ada pertanyaan silahkan saja dikolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon