3 Cara Mengatasi Komputer atau laptop Lambat Bekerja

Bukan ahli komputer tapi hanya ingin Share cara mengatasi komputer yang lambat bekerja berdasarkan pengalaman saya. Komputer yang lambat pasti akan membuat kita bosan dan malas, apalagi pada saat kita lagi ingin menyelasaikan suatu pekerjaan dalam jangka waktu singkat.

Berikut ini adalah cara-cara berdasarkan pengalaman saya saat mengalami komputer lambat :
1.    Uninstall atau Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai
Terdapat banyak aplikasi di komputer itu baik. Namun, hal itu juga akan menjadi masalah kalau aplikasi-aplikasi tersebut tidak terpakai semuannya. Banyak aplikasi akan banyak juga memakai memori pada komputer sehingga dapat menyembabkan komputer menjadi lambat. Sayangnya jika tidak semua aplikasi terpakai atau difungsikan. Maka hapus/uninstal saja aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai seingga memori komputer tidak banyak terpakai dan komputer menjadi cepat atau tidak lambat. Untuk menghapus aplikasi, juga harus dilakukan dengan cara yang benar agar aplikasi tersebut benar-benar terhapus dari memori komputer kita.
Silahkan Baca :
2.    Komputer Terserang Malware
Malware biasanya menyerang komputer lewat aplikasi yang kita download sebab kadang Malware ini disisipkan pada aplikasi-aplikasi lain  sehingga kadang kita tidak menyadari kalau Malware juga ikut terdownload saat kita mendownload aplikasi-aplikasi tertentu. Nama Malware merupakan singkatan dari “Malicious Software” yang berarti perangkat lunak mencurigakan. Sebuah malware dapat mengakibatkan dampak buruk bagi sebuah komputer. Program ini dapat mengubah, merusak, mencari celah, dan mencuri data pribadi seseorang yang tentu sangat merugikan dan yang pasti akan membuat komputer lambat. Apalagi saat kita sedang berselancar di internet akan muncul banyak sekali iklan-iklan di tampilan monitor sehingga komputer akan terasa lambat. Jika pada saat anda berinternet dengan komputer dan banyak muncul iklan-iklan yang hampir menutupi seluruh layar komputer anda maka dapat dipastikan kalau komputer anda sedang di serang Malware.
Untuk mengatasinya anda dapat membersihkan sistem komputer anda dengan aplikasi anti Malware yang dapat anda download pada situs-situs penyedia aplikasi anti Malware tersebut.
3.    Jangan Membuka Banyak Aplikasi
Maksud dari jangan membuka banyak aplikasi adalah ketika kita sedang membuka satu aplikasi maka alangkah baiknya kita jangan dulu membuka aplikasi lain karena akan membuat sistem komputer bekerja ekstra, apalagi jika aplikasi berkapasitas besar.
Hal ini sangat berlaku pada komputer dengan spesifikasi rendah. Namun, jika komputer dengan spesifikasi tinggi maka hal ini belum tentu terjadi sebab komputer dengan spesikasi tinggi akan cukup baik dalam bekerja ekstra.
Jadi jika anda membuka banyak aplikasi dan komputer anda terasa lambat maka alangkah baiknya tutup sebagian aplikasi dan setelah itu anda perhatikan apakah komputer anda masih lambat atau tidak. Apabila anda menutup beberapa aplikasi dan komputer sudah kembali ringan maka anda dapat membiarkan aplikasi yang lain tetap terbuka atau aplikasi yang sangat anda perlukan saat menggunakan komputer untuk bekerja.


EmoticonEmoticon