Pengertian Jenis-Jenis dan Unsur yang Berhubungan dengan Peta


1.  Peta adalah suatu gambar dari unsur - unsur alam dan atau buatan manusia , yang berada di atas maupun di bawah permukaan bumi yang digambarkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu .
Peta adalah suatu gambar dari unsur - unsur alam dan atau buatan manusia , yang berada di atas maupun di bawah permukaan bumi yang digambarkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu .
2. Peta dasar adalah peta yang menyajikan unsur – unsur alam dan atau buatan manusia, yang berada di permukaan bumi, digambarkan pada suatu bidang datar dengan skala, penomoran, proyeksi dan georeferensi tertentu.
3.  Peta tematik adalah peta yang menyajikan dan berisi informasi tertentu, dimana kerangka petanya menggunakan peta dasar tertentu yang telah memiliki dasar yang jelas sumbernya serta  legal
4. Peta kehutanan adalah peta yang bertemakan mengenai hutan dan kehutanan. 
5. Peta Kehutanan yang berkekuatan hukum adalah Peta tema kehutanan yang dibuat ,diperiksa  dan disahkan oleh pejabat yang berwenang.
6.  Skala peta adalah angka perbandingan antara jarak dua titik di atas peta dengan jarak tersebut dimuka bumi.
7.  Format peta adalah tata letak muka peta berdasarkan pembagian geografis yang sudah dibakukan. Pada pemetaan digital format peta merupakan ukuran frame yang akan terkait dengan cakupan wilayah yang akan dipetakan.
8.  Data digital adalah data yang telah diubah dalam bentuk atau format yang dapat dibaca komputer, yang terdiri dari data spasial dan non spasial.
9. Data spasial adalah data yang bereferensi ruang atau data yang mempunyai posisi tertentu dalam ruang.
10.Data non spasial (atribut) adalah data yang menerangkan data keruangan yang disertainya.
11. Sistem Proyeksi Transverse Mercator adalah sistem proyeksi yang bidang proyeksinya berbentuk silinder dengan sumbu silinder terletak pada bidang ekuator atau membentuk sudut 90 derajat dengan sumbu bumi.
12. Sistem grid Universal Transverse Mercator (UTM) adalah  sistem grid universal yang meliputi seluruh dunia kecuali daerah kutub, dan didasarkan pada enam puluh proyeksi Transverse Mercator yang dimodifikasi, mempunyai lebar setiap enam puluh derajat bujur dan terbentang dari  80 derajat lintang selatan ke 80 derajat lintang utara.
13. Kodefikasi adalah pemberian kode baku pada data spasial digital yang berguna untuk membaca maupun berkomunikasi antar pengguna, penyumbang maupun pengelola data spasial.
14. Sistem referensi adalah sistem acuan atau pedoman tentang posisi suatu obyek pada arah horisontal dan arah vertikal.



EmoticonEmoticon