Cara yang BENAR Membayar Angsuran BPJS Kesehatan Via ATM BNI


Cara yang benar membayar angsuran BPJS Kesehatan via ATM BNI. Apa kabar teman-teman ? semoga kita semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya akan Share tentang bagaimana cara yang benar membayar angsuran BPJS via ATM Bank Negara Indonesia (BNI).
Saya menshare hal ini karena terinspirasi dari pengalaman salah seorang teman saya yang sedikit bermasalah saat pertama kali membayar angsuran BPJS kesehatan via ATM BNI. Ceritanya teman saya ini akan membayar tunggakan angsuran adiknya sebesar Rp.1.258.640 dengan angsuran perbulannya sebesar Rp.80.000. Asumsi teman saya dengan angsuran per bulannya Rp.80.000 berarti tunggakannya kurang lebih 16 bulan.
Nah, karena baru pertama kali juga melakukan pembayaran angsuran BPJS kesehatan maka teman saya berpikir kalau angka bulan yang akan dimasukan saat pembayaran juga nanti harus sebanyak 16 bulan tunggakan tersebut.
Apa masalahnya ?
Sebelum melanjutkan cerita diatas dan menjelaskan masalahnya sebaiknya anda lihat dulu cara membayar angsuran BPJS via ATM Bank Negara Indonesia (BNI) hehe.
Caranya sebagai berikut :
1.        Siapkan ATM BNI anda yang memilik saldo sesuai yang akan dibayarkan atau lebih
2.        Pergi ke mesin ATM BNI terdekat
3.        Masukan kartu ke mesin ATM
4.        Masukan PIN ATM anda
5.        Pilih menu PEMBAYARAN
6.        Pilih MENU BERIKUTNYA
7.        Pilih MENU BERIKUTNYA lagi
8.        Pilih BPJS KSEHATAN
9.        Masukan angka 88888 (5 kali ) diiukuti 11 angka terakhir nomor virtual account anda. Contoh 88888 0 1443376251 lalu tekan benar jika angka yang anda masukan telah benar.
Keterangan : Angka 88888 adalah kode pembayaran VIA ATM BNI
10.    Masukan jumlah bulan yang akan dibayarkan CUKUP MASUKAN 01 saja

11.    Pilih jenis rekening untuk pembayaran, Biasanya TABUNGAN
12.    Muncul informasi nama dan nomor virtual account jika sudah BENAR SILAHKAN TEKAN YA
13.    Jangan lupa ambil dan simpan bukti pembayarannya sebagai bukti pembayaran yang sah
14.    Selesai melakukan pembayaran
Lanjutan cerita diatas, tentang masalah yang terjadi adalah teman saya memasukan jumlah bulan yang dibayarkan seperti pada point 10 diatas sebasar 12 bulan sehingga terjadi pemabayaran sebesar Rp.2.138.640 padahal rencana awalnya hanya akan membayar tunggakan sebesar Rp.1.258.640 ditambah angsuran perbulan.
Dalam suasana panik dan tegang teman saya akhirnya memutuskan untuk pergi ke kantor BPJS kesehatan untuk mengkonfirmasi sekaligus konsultasi, Alhumdulillah penjelasan dari pegawai BPJS cukup membuat dia tenang sebab sisa uang yang telah ditransfer akan dihitung akumulasi bulan berjalan sehingga biaya perbulan akan terpotong secara otomatis dan arahan dari petugas jika mengisi jumlah bulannya CUKUP DENGAN ANGKA 01, dengan begitu secara otomatis akan tertransfer dana sesuai tunggakan anda atau angsuran.
Namun, masalahnya juga teman saya masih memerlukan uang untuk keperluan lain hehehe, tapi akhirnya dia berpikir biarlah toh semua itu juga buat adiknya, biarlah dia menunda kebutuhanya dulu. Salut dengan teman saya sangat bijaksana hehehe.
Perhatian :
Melakukan pembayaran BPJS kesehatan VIA ATM BNI cukup mudah. Namun, kita harus tetap perlu berahati-hati dan teliti agar tidak terjadi masalah-masalah tidak kita inginkan.
Sekian Share saya tentang Cara yang BENAR Membayar Angsuran BPJS Kesehatan Via ATM BNI plus Cerita teman saya, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon