Cara Mudah Menghitung Nilai Rata-Rata di Microsoft Office Excel 2007

Apak kabar teman-teman ? semoga kita semua dalam keadaan baik-baik saja.
Pada kesempatan ini saya akan Share tentang bagaimana cara menghitung nilai rata-rata pada excel 2007. Memang ini merupakan hal mudah yang kebanyakan orang pasti telah mengetahuinya, namun tetap saja ada sebagian orang-orang yang selalu berkembang dan mungkin membutuhkan pengetahuan tentang hal sederhana ini.
Menghitung nilai rata-rata ini akan mempermudah kita dalam mengelolah atau menghitung suatu data, misalnya data-data terkait dengan tabel.
Rumus Rata-Rata pada Microsoft Office Excel 2007 yaitu : AVERAGE
Contoh :
Kita akan menghitung nilai rata-rata pada tabel hasil penelitian tentang pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang terdiri dari 5 perlakuan dan 5 ulangan. 5 perlakuan disini adalah A, B, C dan D. Nah, disini kita ingin menghitung nilai rata-rata dari hasil perlakuan-perlakuan tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini :

Cara Mudah Menghitung Nilai Rata-Rata di Microsoft Office Excel 2007

Caranya :
Masuk ke kolom rata-rata yang masih kosong kemudian ketik tanda sama dengan (=) – Tulis AVERAGE – Blok angka-angka yang akan dihitung nilai rata-ratanya. Perhatikan gambar dibawah ini :

Selamat, sekarang kita sudah mendapatkan hasil rata-rata dari 5 nilai perlakuan tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Perhatikan gambar dibawah ini :



EmoticonEmoticon