Cara Mengembalikan File yang Hilang di Komputer atau Flashdisk Pada Windows 7

Tags

Pada kesempatan kali ini saya akan Share tentang Cara Mengembalikan File yang Hilangdi Komputer atau Flashdisk Pada Windows 7. Saya sengaja mengkhususkan di windows 7 karena saya sendiri masih menggunakan Operating System (OS) windows 7, namun pada prinsipnya tutorial ini juga berlaku pada operating system (OS) windows 8 sebab saya telah beberapa kali melakukannya pada OS tersebut dan yang sedikit berbeda pada Windows 7 dan windows 8 hanyalah pada posisi tempilan toolsnya saja. Hal ini juga sering terjadi pada teman-teman di lingkungan pergaulan saya sehingga saya berpikir alangkah baik saya menulis tutorial ini biar nanti ada yang bertanya tanpa panjang lebar langsung saja saya berikan linknya hehe.
Banyak terdapat tutorial mengembalikan file yang hilang dengan menggunakan softwear/Aplikasi. Namun pada kesempata kali ini saya hanya akan menjelaskan secara cara mengembalikan file secara sederhana tanpa menggunakan Aplikasi tertentu, kita hanya akan menggunakan tools yang sudah tersedia di windows 7.
Biasanya berdasarkan pengalaman saya, file yang kadang hilang di komputer atau di Flashdisk itu terhidden atau tersembunyi yang disebabkan oleh virus pada komputer. Sederhannya file yang tersembunyi akan kita munculkan kembali sehingga tidak membuat panik anda saat mengalami hal tersebut hehe.
Baik langsung saja sebagai contohnya, pada saat ini anda mengalami hal tersebut yaitu ada file yang hilang pada komputer atau Flashdisk anda :
Silahkan buka folder yang hilang filenya, perhatikan pada sudut kiri komputer anda dan klik Organize – Folder and Search Options maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Mengembalikan File yang Hilang di Komputer atau Flashdisk Pada Windows 7
Selanjutnya pada tampilan nomor 3 diatas pilih View  Show Hidden Filles, Folders and Drives – Hide protected operating system files ( Recommended) hilangkan tanda centangnya, maka akan muncul tampilan Warning silahkan pilih Yes dan terakhir pilih OK. Perhatikan gambar dibawah ini :

Keterang :
Langkah-langkah diatas juga berlaku pada Flashdisk, yaitu colok Flashdisk, pada komputer kemudian buka file Flashdisknya dan terapkan langkah-langkah di atas.
Sekian Share saya terkait cara mengembalikan file yang hilang diakibat oleh gangguan virus pada komputer anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Terima Kasih.
Baca Juga : 

2 komentar

Mantap sudara maluku, jaya buat blognya sudara : http://www.sahupalashare.com


EmoticonEmoticon