3 Manfaat Utama Memiliki Blog Pribadi Berdasarkan Pengalaman

Pada kesempatan ini saya akan Share tentang 3 manfaat utama memiliki blog pribadi, manfaat blog yang saya tulis ini berdasarkan pengalaman pribadi saya selama hampir kurang lebih 2 tahun ngeblog. Memang pada dasarnya segala sesuatu pasti terdapat kelebihan dan kekurangannya, namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan menulis kelebihan atau manfaat dari memilik blog pribadi sebab segala sesuatu juga alangkah baiknya kita selalu melihatnya dari sisi positifnya saja hehe.

Tampilan blog pribadi www.atobasahona.com
Ini dia 3 manfaat utama memiliki blog pribadi :
1.    Tempat Menyimpan File
Blog pribadi menurut saya menjadi tempat yang sangat-sangat aman untuk menyimpan file-file kita, baik itu file tugas atau file hasil tulisan-tulisan, apalagi bagi anda yang senang menulis alangkah baiknya anda membuat blog pribadi dan menyimpan hasil karya anda. Selain tersimpan dengan baik, orang lain pun bisa membaca hasil karya kita sehingga kita sendiri dapat mengukur sampai dimana kwalitas tulisan kita lewat komentar dan saran dari orang-orang yang membaca dan yang pastinya kita bisa bermanfaat dan berbagi untuk orang lain lewat tulisan.
Kan file bisa simpan di laptop/komputer, hardisk dan CD ?
Memang benar file-file kita bisa disimpan diberbagai perangkat, namun bagi saya kurang terjamin keamanannya, misalnya laptop anda rusak, hilang begitu dengan perangkat lainya. Contoh kasus, seorang teman saya yang sedang membuat skripsi sebagai persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana di tahap akhir studi yang menyimpan semua file-filenya di laptop, suatu ketika terjadi banjir besar dan laptopnya rusak total terendam air, akhirnya hasil kerja kerasnya membuat skripsi hilang seketika padahal belum ujian skripsi.
Seperti saya yang memanfaatkan blog sebagai tempat menyimpan file-file kuliah dan file-file hasil tulisan saya, file kuliah selain tersimpan dengan baik, orang lain juga juga dapat membacanya terutama para teman-teman yang disiplin ilmunya sama dengan saya.
Apa disiplin ilmunya ? Rahasia dong hehehe
2.    Memiliki Banyak Teman
Dengan membuat blog dan menyimpan file-file kita disana otomatis orang akan berkunjung dan ada yang akan berkomentar atau memberikan saran, nah disitu kita akan menjadi saling mengenal, apa lagi kalau terbangun komunikasi yang baik itulah kenapa saya memasukan manfaat nomor 2 diatas. Jika memiliki banyak teman maka akan lebih mudah membuat kita semakin berguna buat orang lain lewat tulisan-tulisan kita atau kita juga bisa membuat pertemuan seperti Kopi Darat ( KOPDAR) sehingga lebih terjalin lagi Silahturahmi baik sesama blogger atau sesama teman-teman yang sering mengunjungi blog kita.
3.    Menjadi Sumber Penghasilan
Blog pribadi juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan, banyak blogger Indonseia dengan blog pribadi yang telah sukses jadi blogger, dapat anda search dan lihat para blogger sukses Indonesia yang telah tenar. Memang untuk menjadi blogger sukses itu tidak semudah membalikan telapak tangan, namun dengan Konsisten,Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Berdoa Dalam Kehidupan maka semua itu bisa kita raih.
Dari Mana Sumber Penghasilan Blogger ?
Sumber penghasilan blog bisa dari :
1.   Iklan PPC (Pay Per Click)
Banyak iklan PPC yang dapat kita daftar dan pasang di blog kita baik untuk tingkat Nasional maupun Internasional, contohnya bisa anda lihat diblog sederhana ini terdapat iklan dari Google AdSense. Google akan membayar jika sudah memenuhi ketentuan-ketentuan dan kebijakan dari Google Adsense.
Selain itu, iklan PPC dari Indonesia, anda bisa search di mbah Google untuk mengetahuilebih banyak.
Ada juga iklan mandiri, maksudnya iklan dari perusahaan atau pihak yang ingin memasang iklan diblog kita dengan harga yang dapat kita sepakati bersama.
2.   Jasa Afiliasi
Jasa Afiliasi artinya kita memperomosikan produk dari pihak lain di blog kita dan jika ada yang membeli maka kita akan mendapatkan sekian persen dari hasil penjualan tersebut. Contoh jasa Afiliasi yang terkenal saat ini di dunia blogger adalah Lazada dan Amazone. Saya sendiri sampai sekarang masih fokus di Google AdSense, mungkin suatu saat barulah beralih ke Lazada atau Amazone hehe.
Sekian Share saya kali ini tentang manfaat memiliki blog pribadi berbadsarkan pengetahuan dan pengalaman saya, semoga bermanfaat dan bisa memotivasi anda yang belum memiliki blog pribadi.
Jika anda berkeinginan  mambuat blog pribadi,anda dapat membaca :
Terima kasih.


EmoticonEmoticon