Manfaat Xtools Pro untuk ArcGIS 10.1

Hallo teman-teman...

Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang manfaat Xtools Pro untuk ArcGIS 10.1, sebuah Softwear atau Extension pendukung dalam penggunaan ArcGIS. Banyak sekali manfaat yang saya peroleh dari Softwear ini. Namun pada dasarnya walaupun banyak fungsinya tapi bagi operator atau pengguna ArcGIS hanya menggunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Disini hanya hanya akan menulis tentang fungsi Xtools Pro ini sesuai dengan yang biasa saya gunakan dalam kebutuhan saya dan apabila nanti setelah anda tertarik untuk menggunakan Softwear ini, silahkan anda eksplorasi lagi berbagai fungsi-fungsi yang terdapat pada Softwear ini.

Baca Juga : Cara Memasukan Data Lapangan ke ArcGIS


Saya biasanya menggunakan Softwear ini untuk menghitung luas suatu areal tertentu ( Polygon), merubah file shp Point (titik) menjadi file shp line (garis) begitu pula sebaliknya file shp line (garis) dirubah menjadi titik, merubah polygon menjadi titik, merubah point (titik) menjadi Polygon dan merubah data atribut shp menjadi data dalam bentuk excel.

Baca Juga : Cara Mudah Digitasi Peta di ArcGIS

Jika anda berminat atau penasaran ingin mencobanya silahkan download saja langsung di situ resmi Xtools Pro ya hehe

Gambar yang anda lihat di atas adalah posisi Xtools Pro yang telah terinstal di ArcGIS dan pada gambar di atas juga anda dapat melihat sebagian fungsi-fungsi yang terdapat pada Xtools Pro seperti yang saja tulis di atas sesuai dengan yang sering saya pakai sesuai dengan kebutuhan saya.

Baca Juga : Pengertian Data Vektor dan Data Raster

Pada postingan-postingan berikutnya saya akan menulis tentang bagaimana cara instalasi di laptop/komputer dan bagaimana cara merubah file shp ke bentuk dan format lain seperti yang sering saya gunakan sesuai kebutuhan.

Namun, apabila ada pertanyaan, saran-saran atau tambahan dari teman-teman silahkan langsung saja ke kotak komentar agar kita share bersama demi perkembangan pengetahuan dan pengalaman kita dalam menggunakan ArcGIS.

Baca Juga : Cara Merubah Data Atribut Menjadi Excel


EmoticonEmoticon