Contoh Rancangan Penelitian Acak Lengkap

Rancangan Acak Lengkap sering disingkat RAL yang dalam bahasa Inggris disebut complete randoised design. Rancangan Acak Lengkap ini sangat cocok digunakan pada penelitian dengan satuan dan bahan yang seragam. Oleh karena itu Rancangan Acak Lengkap sering digunakan pada pada penelitian-penelitian di dalam ruangan seperti rumah kaca dan laboratorium sebab pengaruh-pengaruh lingkungan di sekitar objek penelitian dapat terkontrol sehingga penempatan objek penelitian semuanya dilakukan secara acak pada lokasi atau tempat penelitian. Misalnya penelitian tentang pertumbuhan dan perkembangan tanaman kehutanan di rumah kaca dengan menggunakan jenis tanaman yang sama dan jumlah yang sama sesuai dengan keinginan peneliti.

Contoh :

penelitian pertumbuhan dan perkembangan bibit tanaman penghasil Gaharu jenis Gyrinops caudata seperti yang terlihat pada gambar di dibawah :

 
Pada gambar di atas terlihat bahwa penelitian dilakukan di rumah kaca dan terlihat juga terdapat paranet untuk mengontrol intensitas suhu atau lingkungan sekitar objek penelitian. Tanaman yang dijadikan bahan penelitian berjumlah 25 tanaman dengan 4 perlakuan yaitu A,B,C dan D dan 5 ulangan sehingga tanaman di acak menjadi 4 baris dengan jumlah tiap ulangan atau baris yang sama yaitu 5 tanaman dan setiap perlakuan diberikan label yang berbeda sehingga walaupun diacak sedemikian rupa kita tetap mengetahui perlakuan-perlakuan yang akan dilakukan pada tanaman yang teracak.

Anda juga dapat melihat gambar layout susunan tanaman di bawah ini :



Setelah penelitian dilakukan dan memperoleh data hasil pengamatan maka data penelitian tersebut akan dianalisis menggunakan analisis keragaman yang mana analisis keragaman juga merupakan kegiatan awal dalam menganalisis  data penelitian. 

Hal-hal yang dilakukan dalam analisis keragaman adalah sebagai berikut :

1. Analisis Faktor Koreksi ( FK )
2. Analisis Jumlah Kuadrat Total ( JK Total )
3. Analisis Jumlah Kuadrat Perlakuan ( JK Perlakuan )
4. Analisis Jumlah Kuadrat Galat/Acak ( JK Galat )
5. Analisi Sidik Ragam dan Buat Tabel

Untuk lebih jelas perhatikan gambar hasil analisis keragaman di bawah ini :


Keterangan Sidik Ragam :
SK : Sumber Keragaman
Db : Derajat Bebas
KT : Kuadrat Tengah
KK : Koefisien Keragaman

Sekian dulu yang dapat saya share pada saat ini, disebabkan juga karena keterbatasan waktu dan tenaga hehe... jika ada yang mau bertanya atau berkomentar langsung saja di kotak komentar di bawah sehingga pembahasan dapat berkembang pada saat diskusi.

Terima kasih telah membaca.


EmoticonEmoticon