Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah dan Cepat Digitasi Peta di ArcGis

Apa kabar teman-teman...

Kali ini saya akan share tentang cara melakukan digitasi peta pada ArcGis, semoga bermanfaat buat anda yang sedang belajar ArcGis.

Biasanya proses digitasi peta dilakukan untuk mendapatkan data vektor dan data vektor sendiri merupakan data yang terdiri dari titik, garis dan poligon. Data vektor sendiri dapat diperoleh dari data lapangan yang diambil menggunakan GPS atau data yang diperoleh dari hasil digitasi data raster yang berupa data titik, garis dan poligon.

Baik sebagai contoh kali ini saya akan mendigitasi data raster yang menunjukan sebuah danau seingga nantinya kita akan memperoleh data Vektor dalam bentuk poligan danau.

Oke langsung saja

1. pertama yang pastinya buka dulu Aplikasi ArcGis anda.

digitasi peta

2. Input data raster yang akan digitasi

digitasi peta

Kali saya akan menggunakan contoh data raster gambar citra Danau Moat yang berada di Sulawesi Utara

3. Pilih lokasi penyimpanan data hasil digitasi, pilih file - klik kanan - New file – Pilih Shapefile-Isikan nama file digitasi – Pilih polyline– Pilih Zona Lokasi

digitasi peta



4. Star edit – pilih line dan mulailah mendigitasi

digitasi peta

digitasi peta


5. Nah, sekarang anda telah memiliki data vektor dari danau moat berupa garis

digitasi peta

Ketelitian dalam mendigitasi tergantung dari orang yang mendigitasi. Jadi sabar dan telitilah dalam mendigitasi agar bisa mendapatkan hasil yang baik heheh.

Sekian yang dapat saya share tentang cara mendigitasi peta di ArcGis, semoga bermanfaat dan jika ada yang perlu di share silahkan masukan di komentar dibawah.

Baca Juga : Cara Membuat Grid Peta

Posting Komentar untuk "Cara Mudah dan Cepat Digitasi Peta di ArcGis"