Cara Mudah dan Praktis Cek Kecepatan Blog atau Website Anda

Halo teman-teman, kali saya akan share tentang bagaimana cara mengetahui kecepatan blog atau website kita. Dengan mengetahui seberapa besar kecepatan blog kita maka hati kita pasti akan senang hehe, selain itu blog kita juga kemungkinan besar dapat bersaing di mesin pencarian seperti Google dan pengunjung juga akan nyaman berkunjung sebab loading atau kecepatan blog kita cepat. Salah satu penyebab pengunjung bosan berlama-lama di blog adalah karena blog kita lambat loading.

Pasti teman-teman juga pernah mengalami berkunjung ke salah satu blog atau website dan karena loading blog tersebut lambat maka teman-teman langsung keluar dan beralih ke blog lain yang loadingnya lebih cepat. Apalagi bertepatan dengan jaringan internet yang kurang baik.
Ada terdapat banyak tool yang tersedia secara online untuk cek kecepatan blog, namun disini hanya share salah satu tool yang saya sendiri juga sering menggunakannya yaitu  Page Speed Insights yang disediakan langsung oleh pihak google agar setiap blogger dapat langsung cek kecepatan blognya. Disamping itu juga sebagai blogger apalagi yang blognya menggunakan blogspot, alangkah baiknya sering menggunakan produk Google agar blog kita semakin dekat dengan Google hehe.
Pada Page Speed Insights akan menganalisis blog kita pada 2 kategori yaitu kategori Seluler dan Desktop dengan maksimal skor analisis 100, sekaligus akan dijelaskan bagaiman cara memperbaiki blog kita apabila kecepatannya lambat
Ini dia cara mudah dan praktis cek kecepatan blog atau website anda di Page Speed Insights from Google :
Silahkan klik Page Speed Insights untuk masuk
Gambar dibawah Ini adalah tampilan Page Speed Insights, praktis dan mudah yang saya maksudkan adalah anda tinggal mengisi URL blog atau website anda kemudian klik Analisis 

setelah mengisi URL blog atau website anda dan mengklik analisis maka anda tinggal menunggu prosesnya, seperti pada contoh gambar dibawah ini adalah blog saya sendiri yang saya cek kecepatanya.
Gambar Hasil Analisis Seluler :

Gambar Hasil Analisis Desktop :


Keterangan warna pada gambar di atas :
Hijau          : Menunjukan kecepatan blog atau website anda baik
Kuning       : Menunjukan kecepatan blog sebaiknya diperbaiki
Merah        : Menunjukan kecepatan blog butuh perbaikan
Untuk memperbaikinya anda hanya tinggal munculkan keterangan perbaikan dan ikuti petunjuk dari pihak Google, saya sendiri masih dalam proses mempelajari cara-cara meningkatkan kecepatan blog, seperti yang anda lihat pada hasil analisis blog saya di atas hehe.
Itulah cara mudah dan praktis cek kecepatan blog atau website anda, semoga sedikit share kali ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini.



EmoticonEmoticon