Cara Merubah Data Atribut di ArcGIS Menjadi Data Excel

Data atribut adalah data yang terdapat  pada file shp. Biasanya pada data shp sering memiliki data atribut yang dibuat oleh operator GIS atau orang yang sering menggunakan ArcGIS. Nah, data-data ini biasanya akan diminta oleh orang-orang yang membutuhkan, misalnya data jalan, desa, sungai dan lain-lain.
Untuk melihat data atribut yang terdapat pada data file shp anda sudah harus memasukannya ke dalam ArcGIS – Klik file shp - klik Open Attribute maka akan tampil data Atribut.
Berikut adalah contoh gambar data atribut yang terdapat pada file shp Sungai :


Untuk merubah data atribut file shp saya menggunakan softwear Xtools Pro untuk lebih jelasnya silahkan Baca Manfaat Xtools Pro. Sesuai dengan janji saya pada tulisan Manfaat Xtools Pro maka saya pun sekarang menulis  Cara Merubah Data Atribut di ArcGIS Menjadi Excel dan nantinya akan diikuti oleh tulisan-tulisan yang terkait dengan Xtools Pro.
Oke langsung saja, sekarang kita akan merubah data Atribut pada file shp menjadi data Excel agar mempermudah dalam proses pengelolaan data untuk kebutuhan masing-masing.
1. Buka ArcGIS – Masukan File shp


Pertama buka ArcGIS yang telah terinstal di laptop/komputer anda dan masukan data shp yang akan anda rubah data atributnya menjadi excel. Seperti pada gambar di atas saya memasukan file shp Sungai.
2.   Merubah Data Atribut menjadi Data Excel

Klik data shp yang akan dirubah, kemudian klik Open Attribute maka akan muncul data atribut seperti pada terlihat pada gambar dibawah :





Kemudian klik Xtools Pro – Table Operation- Export Table to MS Excel setelah itu pilih data-data apa yang anda butuhkan, seperti contoh gambar di atas saya hanya memilih nama Sungai karena yang saya butuhkan hanya nama sungai. Namun, jika anda memerlukan data yang lain silahkan pilih saja atau bisa juga dipilih semuanya dan selanjutnya klik Ok dan tinggal tunggu prosesnya  

3.   Data Atribut telah Menjadi Data Excel


Sekarang data Atribut shp telah berubah menjadi data Excel seperti yang terlihat pada gambar di atas. Untuk lebih jelas anda juga dapat melihat video tutorial dibawah ini. 
Selamat mencoba dan nantikan tulisan- tulisan berikutnya terkait dengan Xtools Pro

Anda juga dapat melihat video tutorialnya DISINI

Baca Juga : Cara Export Peta di ArcGIS 


EmoticonEmoticon