Cara Menggunakan GPS Essential di Android

Apa kabar teman-teman
 
Pada kesempatan saat ini saya akan share tentang cara menggunakan GPS Essential di Android

Apa itu GPS Essential ?

GPS Essential pada dasarnya mirip dengan GPS pada umumnya seperti GPS Garmin,  namun yang membedakan disini adalah GPS Essential dapat langsung anda download di HP Android anda di Play Store, hal ini sangat mempermudah kita mengingat harga GPS sendiri yang cukup mahal harganya dan nilai tambah dari GPS Essential ini adalah tidak memakai pulsa atau paket kuota internet di HP anda. Oleh karena itu, bisa digunakan dimana saja tanpa menghawatirkan masalah biaya hehe.

1.    Silahkan didownload dulu di Play Store


Gambar di atas menujukan GPS Essential telah terdownload dan terpasang

2.    Buka GPS Essential


Gambar di atas adalah tampilan menu GPS Essential

Disini saya tidak akan membahas keseluruhan fungsi-fungsi menu pada GPS Essential, namun saya hanya akan membahas fungsi menu yang umum digunakan untuk kebutuhan sehari-hari tapi jika anda ingin bertanya atau berkomentar silahkan saja di kotak komentar.


Keterangan gambar di atas :

1. Satelit

Menu Setelit berfungsi untuk koneksi ke satelit, jika telah terkoneksi dengan 
satelit maka akan muncul tampilan seperti ini :


2. Waypoints

Menu Waypoints berfungsi untuk menyimpan koordinat lokasi dimana anda berada, sebelum menyimpan koordinat perlu anda pastikan kalau GPS Essential telah terkoneksi dengan satelit.

Untuk menyimpan koordinat lokasi anda, silahkan klik menu
Waypoints – Tambahkan (+) Lihat Gambar di bawah ini :


Kemudian pilih icon yang akan dipakai dan isikan nama lokasi

Lihat gambar di bawah ini :


3.  Portable Maps dan Google Maps

Pada menu Portable Maps dan Google Maps anda langsung bisa menampilkan lokasi titik koordinat yang telah anda simpan tadi di peta hanya dengan mengklik langsung ke Portable Maps atau Google Maps

Lihat gambar di bawah ini :



4. Kamera

Pasti semua sudah tahu fungsi dari kamera, namun fungsi kamera pada GPS Essential adalah foto yang kita ambil memiliki nilai koordinat dan jika di hubungkan dengan peta (Portable Maps dan Google Maps ) akan langsung bisa terlihat.

Nah itu dia sedikit tulisan mengenai cara menggunakan GPS Essential di Android,  pengetahuan anda akan semakin bertambah seiring dengan sering menggunakannya nanti.

Berbicara tentang GPS pasti berhubungan dengan materi-materi pemataan atau Sistem Informasi Geografi (GIS) yang salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah ArcGIS. Jika anda tertarik dengan penggunaan aplikasi ArcGIS silahkan lihat : Kumpulan Tutorial ArcGIS 10.1 Lengkap

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Jangan lupa lihat juga : Cara Menggunakan GPS Trimble Geo XT 3000 

4 komentar

share yang bagus..., sangat bermanfaat. terimakasih atas berbagi ilmunya

Jadi nda enak yg komentar adalah Senior,,, hehehe

Bagaimana cara mengembalikan waypoint yang terdelete ?

Untuk mengembalikan waypoint atau file yang terhapus saya biasanya menggunakan softwear, salah satunya softwear WinUtilities Undelete


EmoticonEmoticon