Cara Export Peta di ArcGIS

Apa kabar teman-teman ?

Semoga kita semua selalu dalam keadaan baik-baik saja, Amin.

Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang bagaimana Cara Export Peta di ArcGIS. Hal ini menurut saya juga sangat perlu untuk diketahui dan dilakukan mengingat banyak manfaat yang akan diperoleh. Misalnya, jika kita memerlukan file peta untuk dilampirkan pada laporan kegiatan atau file peta yang akan dilampirkan pada skripsi. Berdasarkan pengalaman saya file-file peta dalam bentuk lain selain tipe file dari ArcGIS (mxd) sering dilampirkan dalam pembuatan laporan dan skripsi yang berkaitan dengan penelitian di bidang penggunaan ArcGIS.

Salah satu keunggulan ArcGIS adalah dapat mengexport file dari ArcGIS (mxd) menjadi file lain seperti file EMF (emf ), EPS (eps), AI (ai), PDF (pdf), SVG (svg), BMP (bmp), JPEG (jpg), PNG (png), TIFF (tiff) dan GIF (gif). Kembali berdasarkan pengalaman saya file yang lebih sering dipilih dalam mengexport peta adalah file JPEG (jpg) dan PDF (pdf) dalam hal ini file JPG untuk dimasukan di dalam pembuatan laporan kegiatan dan skripsi untuk kalangan mahasiswa sedangkan untuk file PDF (pdf) juga kadang dipakai untuk lampiran-lampiran. Namun, file PDF itu sendiri lebih banyak digunakan dalam proses mencetak peta sebab dalam ketelitian pembuatan peta biasanya file ArcGIS (mxd) di export ke PDF (pdf) agar lebih ringan saat dibuka dan mudah dikoreksi sebelum peta dicetak.

Cara exportnya muda saja, saya yakin anda tidak akan kesulitan.

1.    Buka file ArcGIS (mxd) yang akan di export



Pada contoh kali ini saya gunakan peta Indonesia seperti yang anda lihat pada gambar di atas.

    2.   Pilih FileExport Map



 3.   Silahkan Anda Pilih Tipe File Tulis Nama File dan Pilih Loaksi Penyimpanan



Tipe-tipe file pada gambar tersebut seperti yang saya sebutkan di atas, silahkan anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian jangan lupa untuk menulis nama file dan memilih lokasi penyimpanan agar nantinya memudahkan anda pada saat mencari file yang anda export tersebut.

Mudahkan teman-teman hehe

Sekian dari saya, mohon maaf kalau terdapat kekurangan dan apabila ada yang mau bertanya atau memberi saran dan tanggapan silahkan saja langsung ke kolom komentar di bawah.

Terima Kasih.


EmoticonEmoticon