Mengenal Fitur- Fitur Utama ArcGIS 10.1

Sebelum belajar atau menjalankan ArcGis 10.1 menurut saya alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang fitur-fitur umum yang terdapat pada ArcGIS 10.1 dan jika nantinya anda sudah sering menggunakan ArcGis 10.1 maka pasti dengan sendirinya anda akan lebih banyak mengetahui fitur-fitur secara spesifik yang terdapat pada ArcGis 10.1
Untuk lebih jelasnya tentang fitur-fitur umum yang akan saya share kali ini silahkan lihat pada gambar 1 dibawah ini : 

Berikut penjelasan tentang angka-angkat yang terdapat pada gambar 1 di atas :
    1.   Menu Bar
Perhatikan Menu Bar yang terdapat pada gambar di atas yaitu mulai dari File, Edit, View, Bookmarks, Insert, Geoprocessing, Customize, Windows dan Help.
Semua bagian pada Menu Bar tersebut memiliki fungsi masing-masing yang nantinya sering waktu berjalan jika anda sering menggunakan ArcGIS 10.1 maka anda akan semakin mengetahui lebih jauh tentang fungsi-fungsinya.
    2.   Tool Bar
Tool Bar terdapat semua tool-tool yang akan dijalankan pada saat melakukan pekerjaan atau pengambaran peta, mulai dari mengimput data mengolah data sampai pada layout dan mencetak peta.
    3.   Table Of Content
Table Of Content atau sering juga disebut Layers, pada Layers tersebut berfungsi untuk menampilkan semua data yang kita imput, semua data yang terimput akan muncul di layers sehingga kita dapat mengetahui data-data apa saja yang terdapat pada Map View (5). Misalnya anda memperoleh file dalam bentuk mxd (Format File ArcGIS) jika anda membuka file tersebut maka anda dapat langsung mengetahui data-data apa saja yang terdapat pada Map Viem dengan melihat pada Table Of Content atau Layers.
    4.   Status View
Pada status View anda dapat mengeser Map View baik ke kanan, ke kiri, ke atas dan ke bawah, ini berfungsi jika anda mencari lokasi atau titik yang baru saja anda imput. Sebenarnya untuk mengeser Map View dapat juga digunakan dengan tool yang ada pada Tool Bar namun kali ini membahas tentang fitur utama maka terfokus saja pada hal-hal yang umum, seperti yang saya katakan sebelumnya, jika anda sudah sering mengunakan ArcGIS terserah versi berapa saja maka dengan sendirinya anda akan mengetahui manfaat-manfaat khusus dari Tool-tool yang ada.
    5.   Map View
Map View sudah sempat disinggung pada penjelasan Status View di atas, Map View berfungsi untuk menampilkan peta dan data-data yang diimput dan Map View sebagai tampilan yang dapat dilihat langsung dalam proses pengolahan data. Jika pada Table Of Content anda nantiya hanya melihat nama data namun pada Map View anda dapat melihat bentuk data seutuhnya baik itu data Vektor atau data Raster.
Sekian yang dapat saya share kali ini semoga bermanfaat dan apabila ada pertanyaan, saran atau masukan silahkan langsung saja dikolom komentar.
Terima Kasih


EmoticonEmoticon