Cara Membuat Grid Geografis dan UTM pada Peta

Cara Membuat Grid Geografis dan UTM pada Peta. Biasanya pada proses pembuatan peta sering teman-teman melihat grid atau garis yang menghubungkan titik koordinat yang sama. Nah, pada grid tersebut biasanya terdapat dua koordinat yang saya yakin pasti teman-teman sendiri yang membaca artikel sudah mengetahuinya, terdapat koordinat geografis dan koordinat UTM, untuk lebih jelasnya teman-teman silahkan bisa lihat pada
Jika teman-teman telah membaca Cara Membuat Grid pada Peta berarti teman-teman telah mengetahui proses awalnya dan artikel sekarang adalah lanjutan dari Cara Membuat Grid pada Peta tersebut.
Setelah teman-teman masuk pada Layers - Properti - Grid - New Grid dan sampai pada tampilan grid and graticules wizard (perhatikan gambar dibawah ini)


nah, pada tampilan gambar tersebut terdapat pilihan jika teman-teman memilih graticule maka tampilan angka gridnya adalah koordinat geografis dan jika teman-teman memilih measure grid maka tampilan angka koordinatnya adalah koordinat UTM. Baik, sekarang menggunakan graticule sebagai contoh kali ini. 
Untuk membuat Grid UTM maka teman-teman harus memilih measure grid maka tampilanya akan seperti ini ( perhatikan gambar dibawah)


dan jika teman-teman berencana akan membuat grid geografis maka teman-teman harus memilih graticule maka tampilanya akan seperti ini ( perhatikan gambar dibawah)


Pasti teman-teman bisa melihat perbedaan dari gambar – gambar tersebut terutama pada angka-angkanya dan selanjutnya teman-teman tinggal mengikuti arahan dari petunjuk tersebut dengan mengklik next sampai finish (perhatikan ganbar dibawah), seperti yang teman baca pada artikel sebelumnya (Cara Membuat Grid pada Peta)

Untuk lebih jelas lagi, silahkan lihat video tutorialnya DISINI
 
Sekian pembahasan kali ini, jika ada yang ingin share silahkan berkomentar di kolom komentar.
Terimakasih.


EmoticonEmoticon