Praktek Kependidikan Dalam Kelas

Disarankan kepada pendidik-pendidik baru agar melakukan langkah pendekatan dengan sistem baru, yakni dengan mempergunakan rencana unit.

Perencanaan mengajar. Dianjurkan agar para pendidik petunjuk-petunjuk di bawah ini dalam ruang lingkup pandangan yang luas. Hendaknya pendidik memperoleh keterangan-keterangannya yang lengkap untuk menjelaskan hal-hal yang dipergunakan bagi para peserta didik dalam rencana unit tersebut. Karena itu setiap pendidik hendaknya memiliki pengalaman yang memadai tentang bagaimana membuat suatu rencana unit sebagai persiapan mengajar. Kegiatan-kegiatan berikut ini disarankan untuk dilakukan:

Baca Juga : Pengertian Pendidik
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah periksalah waktu belajar, petunjuk-petunjuk kurikulum, sumber unit, jika hal ini tersedia pada sekolah tempat praktek itu, dengan maksud untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai pelajaran dalam satu tahun, melihat bagaimana petunjuk-petunjuk kurikulum diatur, untuk mendapat pemahaman yang lebih baik tentang rencana unit, untuk memperoleh suatu gagasan tentang unit-unit yang akan diajarkan.
Buatlah suatu rencana yang menyeluruh untuk satu tahun bagi satu kelas yang akan diajarkan itu. dan rumuskan judul unit itu berdasarkan pandangan yang objektif. Sediakanlah bahan-bahan keterangan selengkapnya yang bertalian dengan mata pelajaran-mata pelajaran. Bahan-bahan ini sangat berguna, baik dalam penyusunan maupun dalam pelaksanaan unit melalu kerja sama pendidikpeserta didik. Ambillah satu unit pelajaran dan buatlah garis besarnya secara jelas dalam bentuk persiapan harian.
Mengajar secara efektif sangat bergantung pada pemilihan dan pengunaan metode mengajar yang serasi dengan tujuan mengajar. Cara belajar-mengajar yang baik ialah mempergunakan kegiatan para peserta didik sendiri secara efektif dalam kelas, merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan sedemikian rupa secara continue dan juga melalui kerja kelompok. Banyak hal dapat dilakukan sebelumnya dan selama para peserta didik melakukan kegiatan-kegiatan belajar, sehingga lebih berhasil. Saran-saran berikut sebaiknya diikuti oleh setiap pendidik.
Kegiatan-kegiatan yang perlu dipelajari dalam hal ini adalah memulai kegiatan belajar, merencanakan kegiatan-kegiatan belajar, membantu para peserta didik dengan mengikutsertakan mereka dalam pengajaran, merencanakan pengaturan tempat duduk peserta didik dan bagaimana menolong peserta didik jika menemui kesulitan. Pendidikpun harus bisa membantu peserta didik menyediakan suatu kegiatan melalui kerja sama dengan organisasi peserta didik umpamanya bekerja dengan ketua dalam pembicaraan diskusi yang berkenaan dengan tanggungjawabnya sebagai seorang pimpinan, membantu seorang peserta didik menyusun sebuah laporan dan sebagainya. 

Pendidik menyediakan saran-saran selengkapnya agar para peserta didik dapat turut mengambil bagian dalam suatu diskusi kelas, sebagai ketua, anggota, kelas dan perumus. Sediakanlah saran-saran terperinci untuk menolong anak-anak merencanakan dan menyampaikan laporan lisan, yang meliputi cara mencari bahan, mengorganisir bahan tersebut, menyediakan catatan, cara bertindak di depan kelas dan menyampaikan laporan di depan kelas. Sediakan satu ejaan dan daftar perbendaharaan bahasa untuk satu unit yang diajarkan.


EmoticonEmoticon