Memperingati Hari Bakti Rimbawan 2016

Hari ini tanggal 16 Maret 2016 kita memperingati hari Bakti Rimbawan yang ke 33. Hari Bakti Rimbawan merupakan sebuah penegasan kembali komitmen sebagai rimbawan. Pada tahun  2016 ini, peringatan Hari Bhakti Rimbawan mengalami suasana baru yaitu Kementerian Kehutanan telah menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Hal ini sejalan dengan suasana baru dalam sistem pemerintahan pada era Jokowi.



Dengan memperingati Hari Bhakti Rimbawan, sekedar mereview kembali sembilan nilai nilai dasar rimbawan sebagai berikut :

   1.   Jujur

Adalah sikap ketulusan hati dalam melaksanakan tugas dan kemampuan untuk tidak menyalahgunakan wewenang yang diberikan.

   2.   Tanggungjawab

Adalah kemampuan dan kemauan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu serta berani memikul akibat atas putusan dan tindakan yang dilakukan.

   3.    Ikhlas

Adalah sikap rela untuk berbuat yang positif bagi orang lain, yang datang dari sanubari

   4.    Disiplin

Adalah sikap mental yang tercermin dalam perilaku kepatuhan dan ketaatan terhadap aturan kerja, hukum dan norma kehidupan bermasyarakat.

   5.   Visioner

Adalah mempunyai wawasan atau pandangan jauh ke masa depan dan arah tujuan yang ingin dicapai.

   6.    Adil

Adalah perbuatan yang dilandasi rasa tidak sewenang-wenang, tidak memihak, dan secara proporsional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

   7.    Peduli

Adalah sikap memperhatikan orang lain dan lingkungan.

   8.   Kerjasama

Adalah kemauan dan kemampuan untuk bekerjasama dengan semua pihak untuk mencapai hasil guna dan daya guna yang optimal

   9.   Profesional

Adalah kemampuan konseptual, analisis dan teknis dalam bekerja yang diperoleh melalui pendidikan atau pelatihan , sehingga putusan dan tidakannya didasari atas rasionalitas dan etika profesi.

Nilai dasar seorang rimbawan adalah sosok yang jujur, tanggung jawab, ikhlas, disiplin, visioner, adil, peduli, kerjasama dan profesional. Namun, bukan berarti tidak memerlukan orang lain sebab pembangunan pada hakekatnya adalah upaya sistematis dan terencana oleh masing-masing maupun seluruh komponen bangsa untuk mengubah suatu keadaan menjadi keadaan yang lebih baik dengan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia secara optimal, efisien, efektif dan akuntabel dengan tujuan akhir kualitas hidup manusia dan masyarakat berkelanjutan.


Lihat Brosur Kehutanan Unsrat Manado


EmoticonEmoticon