Beberapa Klasifikasi Sumber Daya Alam

Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah potensi sumber daya yang terkandung dalam bumi (tanah), air,udara yang dapat didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan manusia.


Jenis-Jenis Sumber daya alam :

Sunber daya alam dibagi menjadi dua yaitu SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui.

1.   Sumber daya alam yang dapat diperbarui

Ialah sumber daya alam yang dapat diusahakan kembali keberadaannya dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus, contohnya: air, udara, tanah, hewan dan tumbuhan.

Air

Sumber daya air dibedakan menjadi sumber daya air tanah yaitu sumber air bersih yang terdapat di dalam tanah dan batu-batuan, dan sumber daya air permukaan yaitu sumber air yang terdiri dari badan sungai, danau dan lautan.

Hewan

Hewan di Indonesia dapat digolongkan menjadi dua, yaitu hewan liar dan hewan piaraan atau ternak. Hewan liar ialah hewan yang hidup di alam bebas dan dapat mencari makan sendiri, misalnya dari jenis burung, ikan dan serangga. Hewan piaraan ialah hewan yang dipelihara untuk sekadar hobi atau kesenangan semata, misalnya burung perkutut, marmut, kucing dan  kaka tua. Hewan ternak ialah hewan yang dikembangbiakkan untuk kemudian dimanfaatkan atau diperjual belikan.

Tumbuhan

  • Pertanian
  • Perkebunan

2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui itu contohnya barang tambang yang ada di dalam perut bumi seperti minyak bumi, batu bara, timah, nikel dan gas alam. 

3. Sumber Daya Alam juga dapat dibagi menjadi tiga yaitu SDA hayati, SDA   non-hayati dan SDA buatan 

1.  SDA hayati adalah SDA yang berasal dari makhluk hidup (biotik) seperti hasil pertanian, perkebunan, pertambakan, dan perikanan. Sumber daya hayati adalah salah satu sumber daya dapat pulih atau terbaharui yang terdiri atas flora dan fauna. Sumber daya hayati secara harfiah dapat diartikan sebagai sumberdaya yang mempunyai kehidupan dan dapat mengalami kematian. Jenis-jenis sumber daya hayati di antaranya adalah pohon, ikan, rumput laut, plankton, zooplankton, fitoplankton, harimau, semut, cacing, rumput laut, terumbu karang, lamun, dan sebagainya.SDA non-hayati adalah SDA yang berasal dari makhluk tak hidup (abiotik). Seperti: air, tanah, barang-barang tambang.

2. Sumberdaya Buatan (SDB) adalah sumber daya alam yang telah ditingkatkan dayagunanya untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kepentingan pertahanan negara. Pemanfaatan sumber daya buatan akan mengurangi eksploitasi sumber daya alam sehingga tetap dapat menjaga keseimbangan ekosistem suatu wilayah.

Ada beberapa pengelompokan Sumber daya alam berdasarkan pemanfaatannya, yaitu:

1. Sumber daya alam materi 

yaitu apabila yang dimanfaatkan adalah materi yang ada dalam sumber daya alam tersebut. Contoh : mineral magnetit, hematit, dan siderit. Mineral-mineral ini dapat dilebur menjadi besi/baja yang dapat digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Sumber daya alam hayati 

yaitu sumber daya alam dalam bentuk makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan. Sumber daya alam ini di bagi menjadi 2 yaitu Sumber daya alam Nabati (tumbuhan) dan Sumber daya alam Hewani (hewan/binatang)

3. Sumber daya alam energy

yaitu apabila yang dimanfaatkan adalah energi yang terkandung dalam sumber daya alam   tersebut. Contoh : BBM, Gas Alam, batubara, kayu bakar.

4.  Sumber daya alam ruang

yaitu ruang/ tempat yang diperlukan manusia untuk hidupnya. Dalam hal ini tidak hanya sebagai tempat tinggal melainkan juga sebagai tempat untuk mata pencaharian (industri, pertanian, dan perikanan)

5. Sumber daya alam waktu.

Sebagai sumber daya alam, waktu tidak dapat berdiri sendiri melainkan terikat dengan pemanfaatan sumber daya alam lainnya. Contoh : air sulit didapat pada saat musim kemarau sehingga dapat mengganggu irigrasi pertanian.

(Lihat Juga : Morfologi Umum Tumbuhan Rumput  )


EmoticonEmoticon