Pengertian Sampah Berdasarkan Para Ahli

Sampah adalah kata yang tidak asing lagi bagi kita bahkan kadang secara sengaja atau tidak sengaja kita yang kadang membuat sampah itu sendiri. Oleh karena kata “Sampah” itu bukan hal baru bagi kita maka demi menambah pengetahuan kita tentang sampah maka marilah kita simak pengertian sampah menurut para ahli berikut ini sehingga harapan admin dengan bertambahnya pengetahuan kita tentang sampah maka kita akan semakin menambah dan memupuk kesadaran kita tentang rasa cinta akan lingkungan hidup.

Oke Langsung saja berikut beberapa pengertian sampah berdasarkan para ahli :

Menurut definisi World Health Organization (WHO) sampah adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatan manusia dan tidak terjadi dengan sendirinya (Chandra, 2006).

Undang-Undang Pengelolaan Sampah Nomor 18 tahun 2008 menyatakan sampah adalah sisa kegiatan seharihari manusia dan/atau dari proses alam yang berbentuk padat.

Sumber Gambar : http://spectrum-paint.com

Juli Soemirat (1994) berpendapat bahwa sampah adalah sesuatu yang tidak dikehendaki oleh yang punya dan bersifat padat. Azwar (1990) mengatakan yang dimaksud dengan sampah adalah sebagian dari sesuatu yang tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang harus dibuang yang umumnya berasal dari kegiatan yang dilakukan manusia (termasuk kegiatan industri) tetapi bukan biologis karena kotoran manusia (human waste) tidak termasuk kedalamnya.

Manik (2003) mendefinisikan sampah sebagai suatu benda yang tidak digunakan atau tidak dikehendaki dan harus dibuang, yang dihasilkan oleh kegiatan manusia.

Sampah merupakan bahan padat buangan dan kegiatan rumah tangga, pasar, perkantoran, rumah penginapan hotel, rumah makan, industri, atau aktivitas manusia Iainnya Bahkan, sampah bisa berasal dan puing-puing bahan bangunan dan besi-besi tua bekas kendaraan bermotor. Sampah merupakan hasil sampingan dan aktivitas manusia yang sudah tidak terpakai (Nurhidayat 2010).

Para ahli kesehatan masyarakat Amerika membuat batasan, sampah (waste) adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi, atau sesuatu yang dibuang, yang berasal dari kegiatan manusia, dan tidak terjadi dengan sendirinya. Dari batasan ini jelas bahwa sampah adalah hasil kegiatan manusia yang dibuang karena sudah tidak berguna.

Kalau menurut admin sendiri (bukan ahli ya... hehe) sampah adalah segala sesuatu yang tidak bermanfaat dalam jangka waktu tertentu sebab yang namanya sampah pasti dapat didaur ulang untuk dimanfaatkan kembali.

Bagaimana dengan pengertian sampah menurut teman-teman ?

Nah dengan membaca dan memahami pengertian di atas semoga dapat menambah kesedaran kita dalam menjaga lingkungan hidup terutama di lingkungan sekitar kita dan menambah kreatifitas kita dalam memanfaatkan sampah agar dapat dimanfaatkan kembali.

Sekian dari Admin, semoga bermanfaat dan terima kasih.

(Baca Juga : Pencemaran Lingkungan Sekitar)


EmoticonEmoticon