Pengertian remote sensing atau penginderaan jauh menurut ahli

Remote sensing atau penginderaan jauh merupakan salah satu ilmu yang dipelajari pada mata kuliah dibidang Ilmu Kehutanan yaitu pada mata kuliah Sistem Informasi Geografi ( SIG) oleh karena pengertian-pengertian dasar menurut Admin wajib untuk teman-teman ketahui sehingga dapat memotivasi dalam proses pembelajaran tentang remote sensing atau penginderaan jauh itu sendiri.

Remote sensing atau penginderaan jauh dapat juga dikatakan  sebagai suatu proses pengambilan, pengolahan dan analisis data untuk mengetahui karakteristik suatu obyek/target tanpa menyentuh objek itu sendiri dengan menggunakan sensor yang ditempatkan pada pesawat terbang/helikopter atau satelit.



Berikut adalah pengertian Remote sensing atau penginderaan jauh menurut beberapa ahli :

Campbell

Penginderaan jauh adalah ilmu untuk mendapatkan informasi tentang permukaan bumi seperti tanah dan air dari gambar yang diperoleh dari kejauhan.

Colwell

Jauh Penginderaaan bahwa yang merupakan pengukuran atau akuisisi data pada objek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas atau jauh dari objek untuk merasa.

Curran

Sensing yang menggunakan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna.

Lindgren 

Penginderaan jauh adalah berbagai teknik yang dikembangkan untuk perolehan dan analisis informasi tentang bumi.

Welson

Penginderaan jauh adalah ilmu, seni dan teknik untuk Mendapatkan obyek, daerah dan gejala menggunakan alat dan tanpa kontak langsung dengan objek.

Bufon 

Penginderaan jauh merupakan ilmu untuk mendapatkan obyek, daerah menggunakan alat dan tanpa kontak langsung dengan objek.

Lillesand dan Kiefer 

Penginderaan Jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang obyek, daerah, atau gejala dengan jalan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap obyek, daerah, atau gejala yang dikaji.

Colwell  

Penginderaaan Jauh yaitu suatu pengukuran atau perolehan data pada objek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas atau jauh dari objek yang diindera.

Curran 

Penginderaan Jauh yaitu penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna.


EmoticonEmoticon