Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Elipsis Berdasarkan Para Ahli

Kali ini Ato Basahona akan share tentang pengertian dan contoh Elipsis yang termasuk salah satu hal yang mendasar dalam dunia penulisan, hal ini karena admin sendiri pernah diberikan penjelasan tetntang Elipsis oleh seorang teman yang sudah lama berkecimpung di dunia tulis menulis.

Berikut ini adalah pengertian dan contoh Elipsis berdasrkan para ahli yang sengaja posting dengan harapan dapat bermanfaat juga buat teman-teman pengunjung. Sumber dari tulisan ini dapat dilihat di akhir postingan.

Berikut ini adalah pengertian Elipsis berdasarkan para ahli :

Elipsis adalah peniadaan kata atau satuan satuan lain yang wujud asalnya dapat diramalkan dari konteks bahasa atau konteks luar bahasa (Kridalaksana, 2001: 50), sedangkan Ramlan (1993: 23) mengemukakan elipsis adalah adanya unsur kalimat yang tidak dinyatakan secara tersurat tetapi kehadiran unsur kalimat itu dapat dilaksanakan. Elipsis adalah suatu gaya yang menghilangkan suatu unsur kalimat yang mudah dapat diisi atau ditafsirkan sendiri oleh pembaca atau pendengar sehingga struktur gramatikal atau kalimatnya memenuhi pola yang berlaku menurut Keraf (2004:132). Tarigan (1987: 101) mengatakan elipsis dapat pula dikatakan pengganti nol (Zero): sesuatu yang ada, tetapi tidak diucapkan atau dituliskan. Maksud penggunaan elipsis ini demi kepraktisan dalam berbahasa, yakni dengan menggunakan kata yang sedikit karena tidak diulangnya bagian yang sama sehingga dapat menyampaikan maksud secara lengkap dan mudah dimengerti.


Contoh Tanda Elipsis (...)

1. Tanda elipsis dipakai dalam kalimat atau dialog yang terputus-putus.

Misalnya:

Kalau begitu ... ya, ayo kita berangkat.

2. Tanda elipsis menunjukkan bahwa dalam suatu kalimat atau naskah ada bagian yang dihilangkan.

Misalnya:

... selanjutnya akan di bawa ke pengadilan.

Ibu baru pulang ... pasar.

Catatan:

Jika bagian yang dihilangkan mengakhiri sebuah kalimat, maka perlu dipakai empat buah titik; tiga titik untuk menandai penghilangan teks dan satu titik untuk menandai akhir kalimat.

Misalnya:

Ibu baru pulang dari....

Sumber :

http://eprints.ums.ac.id/32765/18/02.%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

http://yosiabdiantindaon.blogspot.co.id/2012/11/pemakaian-tanda-elipsis-dan-tanda-seru.html

Posting Komentar untuk "Pengertian Elipsis Berdasarkan Para Ahli"