Manfaat Otodidak Berdasarkan Pengalaman

Otodidak atau autodidak berasal dari bahasa Yunani autodídaktos yang berarti belajar sendiri. Otodidak merupakan orang yang tanpa bantuan guru bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan dasar pengalaman yang besar dalam bidang tertentu. Mereka mendapatkan pengetahuan tersebut dengan belajar sendiri.


Berdasarkan pengalaman penulis yang sangat mencintai prinsip otodidak, banyak hal yang kita dapat peroleh dengan otodidak atau belajar sendiri. Otodidak atau belajar sendiri disini dapatkan di artikan bahwa belajar dari pengalaman melihat orang lain melakukan sesuatu kemudian kita mencoba melakukanya sendiri atau bisa juga dengan bantuan berbagai referensi baik dari buku maupun dari internet sebab berdasarkan penulis sendiri lebih banyak mempelajari melalui refensi atau sumber-sumber informasi yang ada di internet. Namun, tetap saja biasanya terdapat satu atau dua buku yang menjadi bahan untuk belajar.

Kenapa penulis sengaja menulis tentang manfaat otodidak..??

Karena berdasarkan pengalaman penulis banyak manfaat yang diperoleh dalam hal untuk menambah pengetahuan di bidang ilmu tertentu yang kita pelajari. Misalnya sewaktu masih duduk di bangku perkuliahaan lebih khususnya pada disiplin ilmu Kehutanan Universitas Sam Ratulangi Manado, banyak ilmu yang didapatkan dari dosen-dosen namun penulis selalu kembali belajar sendiri dalam mendalami pengetahuan-pengetahuan yang diajarkan oleh para dosen di kampus. Contoh sederhananya pada mata kuliah Taksonomi Tumbuhan, banyak pengetahuan yang telah didapatkan di bangku kuliah namun dengan hobi mendaki gunung, penulis kembali mempelajari sendiri setiap jenis tumbuhan-tumbuhan yang terdapat di hutan dengan bantuan buku-buku identifikasi tumbuhan. Dengan begitu pengetahuan kita akan semakin bertambah melalui otodidak dan lewat proses belajar sendiri itu barulah kemudian didiskusikan lagi dengan dosen atau teman-teman yang lebih memamahami tentang hal-hal yang berhubungan dengan identifikasi tumbuhan. 


(Baca : Ilmu Taksonomi Tumbuhan)

Begitu juga dengan ilmu-ilmu pengetahuan lain yang diluar dari disiplin ilmu Kehutanan sebab penulis juga sewaktu menjadi mahasiswa saat itu aktif di berbagai Organisasi baik di lingkungan kampus maupun diluar lingkungan kampus. Dengan keaktifan itu maka penulis juga banyak belajar tentang ilmu sosial dan juga filsafat. Itulah semangat otodidak karena pada dasarnya semua ilmu pengetahuan itu saling berhubungan antara satu dan yang lain.

Contoh lagi buktinya sekarang ini blog yang sementara teman-teman kunjungi, pengetahuan tentang membuat blog dan mendesain blog ini penulis melakukan secara otodidak dan hanya dengan satu bantuan buku tentang cara membuat blog. Namun dengan semangat otodidak Alhamdulillah blog yang sederhana ini pun sudah mulai terlihat agak baik padahal penulis sendiri hanya dengan disiplin ilmu kehutanan bukan dari disiplin ilmu komputer atau teknik komputer, Namun dengan semangat otodidak dan semangat saling berbagi dan berdiskusi ilmu pengetahuan, selalu ada cara untuk belajar,belajar dan terus belajar hehe.

Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dalam berotodidak, namun hal pertama yang perlu penulis tekankan disini adalah "KEMAUAN" sebab jika dalam diri kita sudah tertanam kemauan keras untuk belajar dan mencari tahu lebih banyak tentang ilmu pengetahuan dan teknologi maka dengan sendirinya semangat akan hadir dalam diri kita. Belajar, belajar dan belajar sampai kapanpun dan dimanapun agar kita bisa menjadi orang yang berguna bagi orang lain.
 

(Baca : Ayo Belajar Buat Blog di Blogspot)


EmoticonEmoticon