Artikel Hutan Tentang Pengertian Hutan Menurut Ahli

Share artikel hutan tentang pengertian hutan menurut ahli. Hutan adalah paru-paru dunia dan hutan juga bisa dikatakan sebagai ibu dari semua sungai. Begita banyak jargon-jargon dalam menyatakan bahwa begitu pentingnya hutan dalam kehidupan jadi hutan sangat berperan penting dalam menopang kehidupan manusia dalam menjalani hidup dan kehidupan. Hutan adalah suatu areal luas yang banyak ditumbuhi pepohonan dan meiliki suasana yang khas yaitu sejuk dan nyaman. Hutan sudah pasti memiliki suasana yang khas, sebab itu mengapa kadang orang-orang kadang jenuh hidup di daerah perkotaan dan memilih solusi dengan melakukan rekreasi ke tempat – tempat rekreasi yang berkonsep hutan. Alternatif lainnya adalah melakukan rekreasi ke hutan kota yang notabenenya mudah terjangkau tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Berikut ini adalah pengertian hutan menurut beberapa ahli dan juga pengertian hutan menurut Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1967 Tentang Ketentuan Ketentuan Pokok Kehutanan : 

Soerianegara dan Indrawan (1982) mengemukakan Hutan adalah masyarakat tumbuh-tumbuhan yang dikuasai atau didominasi oleh pohon-pohon dan mempunyai keadaan lingkungan yang berbeda dengan keadaan diluar hutan.  

Arief (1994) mengemukakan bahwa  Hutan adalah masyarakat tumbuh-tumbuhan dan binatang yang hidup dalam lapisan dan di permukaan tanah dan terletak pada suatu kawasan, serta membentuk suatu kesatuan ekosistem yang berada dalam keseimbangan dinamis.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1967 Tentang Ketentuan Ketentuan Pokok Kehutanan menyebutkan bahwa Hutan  ialah suatu lapangan bertumbuhan pohon-pohonan yang secara keseluruhan merupakan persekutuan hidup alam hayati beserta alam lingkungannya dan yang ditetapkan oleh Pemerintah sebagai hutan.

Menurut Dengler  hutan adalah suatu kumpulan pohon-pohon yang rapat dan menutup areal Cukup luas sehingga dapat membentuk iklim mikro yang kondisi ekologisnya sangat khas dan berbeda dengan areal luarnya.

Menurut Spurr, Hutan adalah persekutuan antara tumbuhan dan hewan dalam sebuah asosiasi biotis.  Asosiasi ini bersama lingkungannya membentuk sistem ekologis, organisme didalamnya saling berpengaruh dalam suatu siklus energi yang kompleks.

Banyak sekali pengertian hutan menurut para ahli dan yang dicantumkan di atas hanyala sebagian penjelasan menurut para ahli. Namun teman-teman juga dapat membuat pengertian hutan sendiri menurut teman-teman selama itu masih mangacu pada pengertian hutan menurut para ahli di atas.

Pengertian-pengertian hutan di atas merupakan pengertian menurut para ahli namun perlu di pahami juga tentang perbedaan hutan dan kawasan hutan sebab jika menurut para ahli atau kita sendiri melihat suatu areal adalah hutan dengan mengacu pada semua penjelasan di atas. Namun dalam bidang pemerintahan sebuah areal akan di katakan hutan jika sudah terdapat penunjukan dengan adanya surat keputusan yang menyatakan kalau areal tersebut adalah hutan. Tapi penunjukan tersebut tetap mengacu pada pengertian hutan itu sendiri.

Itulah yang membedakan antara hutan dan kawasan hutan. Sebab menurut masyarakat umum daerah tertentu adalah hutan namun belum tentu juga di daerah tersebut adalah kawasan hutan dengan mengacu pada Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh pemerintahan setempat.

Silahkan lihat juga postingan-postingan terkait dengan Hutan dibawah ini :


4.       Pengertian Hutan Rakyat
5.       Konsep Hutan Normal
8.       Hutan dan Tata Air 
19. Penyebab, Dampak dan Solusi Pemanasan Global


EmoticonEmoticon