Konsisten, Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Berdoa Dalam Kehidupan

Share tentang Konsisten, Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Berdoa Dalam Kehidupan. Menjalani kehidupan bukan semata-mata menggunkan prinsip jalani saja seperti air mengalir. Hal ini mengingat penulis dengan sebuah pepatah “Jalanilah Hidup Seperti Air Mengalir”. Apakah iya jalani hidup harus seperti itu...??? sebagai manusia yang beragama coba kita bandingkan dengan konteks religius lewat QS. Ar-Ra'du (13):11 yang menjelaskan bahwa Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan  yang ada pada diri mereka sendiri. Ayat tersebut menjelaskan bahwa untuk memperole kehidupan yang lebih baik maka kita diharuskan untuk melakukannya sendiri oleh sebab itu kita sebagai manusia selalu diingatkan agar selalu berusaha dan berdoa atau dalam bahasa latin “ Ora et Labora” Kalimat ini maksudnya adalah supaya kita tidak hanya meminta tetapi juga berusaha sehingga terdapat keseimbangan antara doa dan kerja keras.

Hidup harus berdasarkan perencanaan dan target pencapaian sehingga kita memilki tujuan hidup yang jelas. Misalnya kita memilki tujuan hidup A dengan perencanaan yang matang maka kita akan dapat mencapai tujuan tersebut dan walaupun tidak tercapai tapi minimal pasti akan mendekati tujuan tersebut misalnya mencapai B dengan tujuan utamanya adalah A. Kalau berdasarkan biarlah seperti air mengalir, bagaimana jika aliranya buntu dan mengalir tanpa arah, kan kacau jadinya yang bisa jadi ujung-ujungnya mungkin akan bermuara pada hal yang tidak kita inginkan samasekali. Biarlah dia mengalir sesuai dengan perencanaan lewat sentuhan kerja keras, kerja cerdas dan doa kita kepada Sang Pencipta itu baru benar hehe. Jadilah karakter manusia yang optimis dengan penuh keyakinan terhadap apa yang kita lakukan atau usaha kita untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.


Namun perlu kita sadari dan pahami juga bahwa semua usaha untuk mencapai tujuan dalam menjalani kehidupan tidak semudah membalikan telapak tangan. “Proses” kata yang tepat untuk kita bijaki dengan sedikit kesabaran usaha maksimal, kenapa penulis mengatakan sedikit kesabaran..??? sebab pada umumnya kita kadang sulit untuk mencapai kesebaran penuh karena yang namanya kehidupan pasti akan berada pada titik “kejenuhan” oleh sebab itu kita harus bisa menghadapi kejenuhan itu dengan melakukan hal-hal yang dapat mengurangi atau menghilangkan kejenuhan tersebut, lakukanlah hal-hal yang menurut anda baik dan benar dalam menghilangkan kejenuhan tersebut.

Menurut penulis Konsisten, kerja keras dan kerja cerdas menjadi hal yang prinsip dalam hidup dalam mencapai kesuksesan dan hal itu sudah banyak terbukti pada orang-orang yang sukses dengan memulai usaha mereka dari nol dengan menghadapi begitu banyak tantangan. Namun mereka tetap konsisten dengan usaha yang mereka jalani sampai mereka mencapai tujuan mereka yaitu kesuksesan. Misalnya Abraham Lincoln Kisah Lincoln merupakan contoh klasik orang-orang yang benar-benar berani gagal. Gagal dalam bisnes pada tahun 1831. Dikalahkan di Badan Legislatif pada tahun 1832. Gagal sekali lagi dalam bisnes pada tahun1833. Mengalami patah semangat pada tahun 1836. Gagal memenangkan pertandingan pidato pada tahun1838. Gagal menduduki dewan pemilih pada tahun 1840. Gagal dipilih menjadi anggota Kongres pada tahun 1843. Dilantik menjadi anggota Kongres pada tahun 1846. Gagal menjadi anggota Kongres pada tahun 1848. Gagal menjadi anggota senat pada tahun 1855. Gagal Menjadi Presiden Pada Tahun 1856. Gagal Menjadi anggota Dewan Senat pada tahun 1858. Akhirnya pada tahun 1860 dilantik sebagai presiden Amerika yang ke-16 dan salah seorang presiden yang sukses dalam sejarah Amerika (Sumber http://allahhidupku.blogspot.co.id/ ).

Contohnya lagi Harland Sanders (Colonel Sanders).Kolonel Sanders, individu di balik kesuksesan Kentucky Fried Chicken (KFC) menjadi seorang miliarder yang telah mengalami jatuh bangun dalam kehidupan. Sebelum sukses menjadi miliarder, istrinya pergi meninggalkannya saat Sanders sedang menjadi pengangguran. Meski demikian ia tak lantas menyerah dan berputus asa. 


Ia lalu mulai mencoba berusaha membuat dan menyajikan ayam di pompa bensin tanpa harus menyewa lahan. Perlahan berita mengenai kelezatan ayam yang dibuatnya menjadi berkembang hingga akhirnya Sanders berhasil mencetak debut keemasan sebagai seorang entrepreneur di usia senjanya.

Sanders melihat potensi dari konsep restoran franchise dan membuka KFC pertamanya di Utah pada tahun 1952. Tak disangka bahwa ekspansi KFC sangat cepat hingga merambah ke 600 lokasi di saat usia Sanders sudah mulai menua. Dan dia menjual brand KFC di tahun 1964 dengan harga US$ 2 juta (Rp 25 miliar). Kekayaannya diperkirakan mencapai US$ 3,5 juta (Rp 43,75 miliar). 

Keberhasilan Sanders terletak pada ketekunan dan kenikmatan ayam yang dibuatnya (Sumber http://www.aturduit.com ).

Konsisten, kerja keras dan kerja cerdas dalam hidup dan selalu berdoa kepada Sang Pencipta. Konsiten artinya bahwa apa yang kita lakukan atau kerjaan tetaplah pada usaha tersebut meskipun gagal sebab ingat untuk menjadi semua orang-orang sukses pasti ada yang mengalami yang namanya kegalalan, justru dari kegagalan itu kita akan semakin belajar untuk menjadi lebih baik dan semakin baik lewat usaha yang kita kerjakan. Jika kita mengalami kegagalan dalam suatu usaha atau apa yang kita kerjakan dan kita beralih usaha yang lain maka kita pasti akan kembali memulainya dari nol dan kembali belajar lagi bagaimana cara baik dalam mengerjakan usaha tersebut, siapa yang menjamin bahwa usaha yang baru tidak akan gagal..?? dengan kebiasaan seperti itu maka kita akan semakin jauh dari tujuan yang akan kita capai dalam hidup. Namun jika gagal dan belajar dari kegagalan lewat usaha yang sama maka kita akan semakin paham tentang usaha tersebut dan pastinya akan mengarah menjadi semakin baik. Kerja keras artinya kita bersungguh-sungguh dalam usaha kita atau apa yang kita kerjakan karena tanpa kerja keras kita akan lambat dalam mencapai tujuan yang kita inginkan. Kerja Cerdas artinya bahwa kita harus mampu mengerjakan sesuatu dengan cara yang tepat sebab dengan banyaknya usaha-usaha yang ada banyak juga persaingan-persaingan yang terjadi dan itu adalah suatu bentuk kewajaran dalam keidupan oleh karena itu disamping kerja keras, kerja cerdas juga sangat diperlukan sehingga walaupun usaha atau peerjaanya sama dengan orang lain namun cara dan strategi yang digunakan berbeda dengan yang lain. Misalnya berdasarkan pengamatan penulis pada salah satu usaha penjualan es pisang ijo, banyak usaha seperti itu namun yang satu pihak dari usaha tersebut yang menjualnya dengan menngunakan kendaraan bermotor dan menjual di tempat yang strategis seperti di pusat perkantoran pemerintahan. Itulah salah satu contoh usaha kerja keras yang cerdas. Kalau contoh yang lain silahkan pembaca lihat saja sendiri pada lingkungan sekitar hehehe.

Itulah sedikit coretan penulis tentang Konsisten, Kerja Keras, Keja Cerdas dan Berdoa. Semoga bermanfaat buat kita semua dan dapat mengaplikasikan dalam hidup dan kehidupan lebih khususnya bagi penulis sendiri.

Sekian share kali ini dan terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini. Jangan lupa untuk berkunjung lagi yaa,,, hehe (Baca Juga Artikel Menarik : Baru Disadari Ternyata Salah)


EmoticonEmoticon