Cara Sederhana Uninstal Perangkat Lunak Pada Windows 7 di Komputer

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan Selamat Malam Teman-Teman

Pada tulisan kali ini penulis ingin membahas sedikit tentang tutorial komputer, yahh.. walaupun penulis sendiri disiplin ilmunya bukan tentang komputer hehe. Namun perlu disadari bahwa komputer atau laptop merupakan kebutuhan yang dibutuhkan pada semua kalangan, apa lagi kita sekarang berada pada zaman moderen. Zaman dimana semuanya serba online dan itulah realita sekarang.

Komputer atau laptop pada zaman sekarang telah menjadi kebutuhan yang mendasar dimana hampir semua orang memiliknya walaupun terdapat sebagian orang yang hanya mengikuti perkembangan gaya hidup. Tapi kenyataanya masih banyak orang-orang yang memiliki komputer atau laptop masih awam dengan hal-hal menyangkut perangkat lunak (Softwear) yang terdapat pada komputer. Perangkat lunak pada dasarnya merupakan hal yang umum sebab menurut penulis setiap orang yang memilki komputer minimal harus dapat memahami sedikit dan mengaplikasikan perangkat lunak ini. Secara garis besar terdapat dua perangkat pada komputer yaitu perangkat lunak (softwear) dan perangkat keras (hardware). Terkait dengan perangkat lunak keras ini yang biasanya lebih dikuasai atau dipahami oleh orang-orang dengan disiplin ilmu komputer.

Nah... disini penulis akan membahas tentang perangkat lunak yaitu tentang cara melakukan Uninstal perangkat lunak pada komputer. Kenapa penulis ingin membahas hal ini..?? sebab berdasarkan penglaman dari beberapa teman –teman yang kurang atau tidak memahami tentang cara Uninstal perangkat lunak ini sehingga apabila mereka ingin menghapus salah satu perangkat lunak yang terdapat di komputer, mereka biasanya hanya menghapus tampilannya saja yang muncul di layar monitor. Perangkat lunak pada komputer biasa disebut aplikasi dalam bahasa sehari-sehari dikalangan sebagian orang.

Berikut contoh gambar perangkat lunak (softwear) pada layar monitor komputer :


Pertanyaanya : Kenapa Uninstal perangkat lunak itu perlu..??

UNINSTAL perangkat lunak itu diperlukan ketika perangkat lunak tersebut tidak digunakan agar tidak memakan ruang memori pada sistem komputer yang biasanya disebut PARTISI C sebab jika memori partisi C penuh maka teman-teman tidak lagi bisa menginstal perangkat lunak yang baru atau yang mau digunakan sesuai kebutuhan. Nah... itu sedikit penjelasan mengenai perlunya melalukan uninstal program pada komputer kita.

Oke langsung saja kita masuk ke tahap pelaksaannya jika teman-teman mau melakukan uninstal perangkat lunak di komputer. 

Langkah-langkahnya sebagai berikut :



1. Klik Star pada layar monitor ( Perhatikan Gambar di Bawah )


2. Klik Kontrol Panel ( Perhatikan Gambar di Bawah )


Setelah mengklik kontrol panel maka akan muncul tampilan pada layar monitor komputer seperti pada pada gambar langkah 3 dibawah
  
3. Klik Program (Uninstal a program) (Perhatikan Gambar di Bawah)

Setelah mengklik  Uninstal a Program  maka akan muncul semua perangkat lunak yang terdapat di komputer teman-teman seperti pada gambar langkah 4 di bawah dan silahkan pilih perangkat lunak yang akan teman-teman  uninstal atau hapus dari komputer.

4.  Klik Kanan Pada Perangkat Lunak dan Pilih Uninstal
 

selanjut tinggal teman-teman tinggal  mengikuti arahan dari proses uninstal tersebut yang biasanya bila proses sedang berlangsung akan muncul next silahkan di klik dan proses akan terus berlangsung hingga selesai

Semoga sedikit tutorial tentang cara UNINSTAL perangkat lunak di komputer ini dapat bermanfaat buat teman-teman semua apa bila terdapat kekurangan harap dimaklumi sebab seperti yang penulis sampaikan di awal bahwa penulis sendiri disiplin ilmunya bukan tentang KOMPUTER hehe....
Terima kasih Telah Berkunjung dan Membaca di Sini, Jangan Sungkan-sungkan Kembali Lagi yahh hehe...  

Anda juga dapat melihat video tutorialnya DISINI
 


EmoticonEmoticon