Analisis Swot Mahasiswa

Analisis Swot adalah sebuah alat yang disusun untuk digunakan sebagai analisis rekayasa transformasi sosial di masyarakat. Perlu diadakan rekayasa karena pada realitas masyarakat terdapat masalah yang harus dianalisis dan diselesaikan dengan menggunakn tows. Sebelum melakukan atau menyusun tows kita terlebih dahulu harus membuat ranser.


S         : straigh (kekuatan)
W        : weaknes (kelemahan)
O         : oportunes (peluang)
T         : threats (tantangan)

Ranser adalah bahan penyusunan rekayasa sosial sebagai alat untuk menganalisis realitas masyarakat faktual agar terjadi akurasi dalam membuat atau menyusun tows itu sendiri, Ranser sangat berperan penting dalam hal ini penyusuna tows karena apabila terjadi kesalahan dalm ranser maka data yang di aktualisasikan pada tows hanya akan menjadi data sampah, karean dalam mekanisme penyusunan ranser ada terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan yaitu data dan gigo (sampah masuk dan sampah keluar) jadi apabila terjadi kesalahan pada data yang masuk maka data yang keluar pun hanya akan menjadi data sampah dan tidak dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Mekanisme dalam menganalisi masalah

Mekanisme dalam menganalisis problematika yang terjadi di masyarakat dalam melakukan analisis secara konprehensif. Sebelum melakukan interpretasi kita harus cermat dalam membedakan antara gejala dan masalah. Kebanyakan orang terperangkap dalam melakukan analisis adalah salah dalam menentukan antara masalah dan gejala.

Contoh :
Menganalisis masalah yang terjadi pada kader HMI-MPO sebagai peserta intermediate training  regional  se-indonesia bagian timur. Ada peserta yang mengeluh sakit kepala, pertanyaanya adalah apakah itu masalah atau gejala..??

Dalam  mendekteksi masalah lihat dulu hal-hal apa yang terjadi dari awal :
Mahasiswa adalah agen of change yang berintelektual dan cendekiawan atau perkataan Ali Syariati mahasiswa adalah Rausan fikr (orang yang tercerahkan) agar dapat melakukan rekayasa tranformasi pada masyarakat jadi Mahasiswa bergabung dengan Oragnisasi HMI-MPO dan untuk menambah spirit intelektual maka harus mengikuti intermediate training  regional  (LK II), dalam kegitan terjadinya konsolidasi

 1. Konsolidasi organisasi
Tergabungnya para kader HMI-MPO dari masing-masing cabang Indonesia bagian timur dalam suatu wilyah dan tempat yang sama.
 2. Konsolidasi kultur
Terdapat kultur yang berbeda-beda, dari Makassar, Manado, Majene, Gorontalo dan Manado.
 3. Konsolidasi gerakan
Terjadinya gerakan yang massif karena tergabungnya kader dari tiap cabang dengan tujuan yang satu yaitu terbinanya mahasiswa Islam menjadi Insan ulil albab yang turut bertanggung jawab atas terwujudnya tatanan masyarakat yang di ridhoi Allah.

Sakit kepala sebenarya adalah gejalah karena banyak disibukan dengan pembuatan makalah, pembuatan makalah karena mengikuti intermediate training bila ditelusuri terus maka akan sampai pada masalahnya  dan yang menjadi masalah disini adalah pokok dari mengapa sampai terjadinya gejalah tersebut yaitu sakit kepala. Ibarat suatu pohon masalahnya terdapat pada akar dari pohon tersebut sedangkan gejalanya berada pada ranting, batang dan daun.

Jadi untuk melakukan rekayasa dalam menyelesaikan suatu problematika maka kita harus melihat akar dari masalahnya dan jangan terjebak hanya pada wilayah gejala sebab hal itu tidak akan selesai malahan indikasi gejala yang lain yang akan terdeteksi.

Dalam Ilmu ekonomi masalah dalam masyarkat di bagi menjadi :

 1. Masalah terstruktur
Masalah yang terjadi pada realitas masyarakat karena akibat dari ulah manusia tau
intervensi manusia dan masalah seperti ini dapat diselesaikan dengan menggunkan
teknologi atau swot.
 2. Masalah tidak terstruktur
Masalah yang terjadi secara alami seperti banjir, gempa, dan letusan gunung
merapi. Swot belum dapat menyelesaikan masalah seperti itu karena swot masih
dalam koteks menganalisis masalah yang sudah terjadi.
 3. Semua terstruktur
Yaitu gabungan dari kedua masalah di atas.

Kelebihan dan kekurangan dari Swot

Swot adalah sebuah alat yang multiguna dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang baik, ekonomi, sosial, budaya dan politik karena swot dapat dikatakan sebagai alat atau strategi gerakan yang sistematis dan terorganisir dalam melakukan rekayasa transformasi sosial, dapat dipastikan bahwa swot akan memberikan hasil yang maksimal. Yang namanya suatu alat buatan manusia disamping terdapat kelebihan ada juga kelamahan-kelekahanya.

Ada 2 kelemahan dari swot :

 1. Kekurangan dari swot adalah alat ini tidak fleksibel, artinya bahwa apabila semua ranser atau data sudah tersusun dengan baik dan teratur dan tiba-tiba terjadi perubahan pada objek yang akan dianalisis maka semua data harus dikumpulkan lagi dari awal dan disusun kembali maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

 2. Satu lagi kelemahan dari swot adalah dalam melakukan analisis transformasi dalam masyarakat dibutuhkan lebih dari satu orang, alat ini tidak dapat dipakai oleh seorang saja kerena akurasinya akan kurang tepat dalam menganalisis masalah.


EmoticonEmoticon