Cerita Kopi Hitam Ku

Cerita kopi hitam ku ini sengaja dituangkan dalam bentuk tulisan berdasarkan pengalaman pribadi penulis yang termasuk penikmat kopi hitam dari sekian banyak penikmat kopi hitam yang ada, jika tulisan ini sedikit relevan rasa yang sama bagi pembaca maka itulah kita sebagai penikmat kopi hitam bahkan pada saat menulis tulisan ini penulis ditemani oleh segelas kopi hitam dan setengah bungkus rokok hehe....

Hitam tapi nikmat itulah kopi hitam, dengan perbandingan antara gula dan bubuk kopi yang seimbang menjadikan selera rasa menjadi sempurna dalam dunia kopi hitam. Banyak kalangan yang terbuai lewat kenikmatannya dan menjadikan diri sebagai penikmat kopi hitam. Dia dapat menyesuaikan dalam beragam suasana sedih dan senang, kenikmatannya akan lebih terasa bila kopi hitam berada di tengah suasana kekeluargaan baik dalam itu keluarga organisasi atau keluaga komunitas dan dalam suasana silaturahmi atau temu kangen bahasa trendnya.

Segelas kopi hitam dengan perbandingan manis dan pahitnya yang seimbang ditambah lagi sebungkus rokok menjadikan hidup ini sempurna dalam seketika dan sesaat dalam penghayatan sang penikmat kopi hitam. Imajinasi menjadi liar dalam menembus cakrawala melepaskan diri dari kejenuhan dan bahkan dapat melahirkan ide-ide yang tadinya tersisip dan tak tersentuh dalam diri kita. Senyum lepas, senyum ikhlas, tenang dalam keramaian sembari menaikan level kerja otak, asap rokok tertiup angin tak terarah dalam menikmati topik pembicaraan sederhana yang penuh makna dan tujuan bahkan diam pun terasa nikmat, semua ini menjadi dinamika saat berhadapan dengan kopi hitam.

Kopi hitam menyentuh semua kalangan tanpa memandang tingkat ekonomi dan jabatan apalagi saat berkumpul bersama ditempat tersedianya kopi hitam hal itu kadang membuat kita lupa tentang perbedaan status sosial kita itulah mungkin satu keajaiban kopi hitam. Tertawa lepas lebih mendominasi suasana, konsentrasi pada beragam masalah baik pribadi maupun kelompok dalam menelaah solusi menjadi ciri khas suasana. Namun seserius apaun kita saat itu senda gurau selalu menjadi akhir cerita dalam beragam cerita yang tersimak.


Ada sebagian persepsi masyarakat yang mengatakan “ jangan sering meminum kopi khususnya kopi hitam nanti akan mempercepat proses penuaan ” entah benar atau tidak penulis juga kurang paham sebab disiplin ilmunya bukan dari dunia kesehatan hehe... dan yang mengatakan itu juga berdasarkan pengalaman penulis juga bukan dari disiplin ilmu dunia kesehatan jadi kesimpulanya mau jadi penikmati kopi hitam atau tidak seiring berjalanya waktu kalau sudah waktunya tua pasti tua juga kalau masalah kelihatan muda meskipun umur kita sudah tua itu bukan masalah di kopi hitamnya tapi bagaimana sikap dan perilaku kita yang selalu berbuat dan perpikir positif sehingga aura yang terpancar dalam ranah sekitar kita lewat panca indra orang lain menjadi menarik, bahasa trendnya “ Inner beauty “  berikut ini sedikit kutipan penjelasanya yang dikutip dari (http://glucogen.net/tips-membangun-inner-beauty.html) : Inner beauty ini merupakan asset utama anda dan lebiha awet jika dibandingkan dengan kecantikan fisik semata, karena kecantikan fisik dapat terhapus dengan seiring berjalannya waktu atau yang kita kenal sebagai penuaan.  Inner beauty atau kecantikan yang terpancar dari kepribadian anda, kepribadian yang baik budi pekerti, sopan santun, ramah yang dapat memesona banyak orang merupakan kecantikan sesungguhnya. Inner beauty tidak akan memudah seiring bertambahnya usia, malah semakin kuat seiring kedewasaan pribadi tersebut.

Kalau kopi hitam dapat menyembabkan sakit maag ada benarnya juga karena kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan sakit maag. Namun, kafein tidak hanya terdapat pada kopi tapi pada minuman lainnya juga terdapat kafein. Kenapa penulis mengatakan ada benarnya juga karena selama menjadi penikmat kopi hitam Alhamdulillah belum pernah mengalami sakit maag, kemungkinan belum saatnya ya hehe.... tapi tidak mengapalah intinya kalau Tuhan sudah berkehendak apa saja bisa terjadi, mau kita penikmat kopi hitam atau tidak kalau Sang Pencipta sudah berkehendak pasti sakit juga hehe...

Beragam komposisi rasa pun lahir dalam lingkungan penikmat kopi hitam ada yang sukanya agak manis, ada yang lebih suka agak pahit dan kebanyakan dari penikmat kopi sepertinya lebih suka keseimbangan antara manis dan pahit termasuk penulis, ada filosofi antara keseimbangan manis dan pahitnya yaitu berdasarkan kehidupan sebab hidup ideal adalah hidup yang penuh dengan keseimbangan dalam konteks manusia yaa minimal mendekatikati keseimbanganlah. Sebab keseimbangan hakiki hanya milik Sang Pencipta Keseimbangan.

Sekian banyak dari orang-orang penikmat kopi hitam di dominasi oleh kaum lelaki, hal yang jarang ditemui adalah penikmat kopi hitam dari kalangan perempuan, banyak perempuan penikmat kopi tapi kopi dengan rasa berbeda dan jarang ditemukan yang penikmat kopi hitam, terdapat beberapa kenalan yang wanita yang katanya sebagai penikmat kopi hitam namun sampai sekarang belum memiliki kesempatan yang pas buat ngopi bareng dan masih sebatas komunikasi dalam pembahasan kopi hitam bersama mereka.

Nikmat kental dengan rasa manis dipengujung lidah itulah puncak keseimbangan rasa yang banyak dikagumi, itu keseimbangan rasa perangsang imajinasi dalam mendongkrak ide-ide cemerlang dalam mengais solusi problematika, itulah puncak rasa dimana kita melupakan sejenak aktivitas dan rutinitas kita seharian atau awal memulai kesibukan kita sehari-hari. 

Keseimbangan rasa sangat kental pada semua semua kalangan, apalagi di kalangan mahasiswa, proses belajar, diskusi atau rapat rasanya kurang lengkap kalau tak ditemani setengah gelas kopi hitam, kenapa setengah gelas..? ada dua hal disini yang pertama rasa kopi akan nikmat bila porsinya hanya setengah gelas dan yang kedua adalah ketersediaan kopi dan gula yang lagi minim, ini termasuk pengalaman penulis saat masih berstatus sebagai mahasiswa hehe...

Logika tanpa logistik, logika akan buntu sedikit semboyan yang sering terdengar saat rapat atau diskusi tapi logika dengan kopi hitam hitam walaupun tanpa logistik logika tetap mandiri.

Demikian sedikit cerita tentang kopi hitam, sebagai penikmat kopi hitam rasanya bagi penulis kurang pas bila tak dapat menuangkan ekspresi ini menjadi beberapa paragraf tulisan. Kopi hitam punya cerita dan punya makna filosofi yaitu meskipun kelihatanya hitam pekat tapi dapat memberikan manfaat buat penikmatnya, pelajaran yang didapat jangan pernah menilai seseorang dari bentuk fisiknya atau penampilan tapi kenalilah dia dekati dan maka kita akan tahu siapa sebenarnya dia dalam konteks kemanusiaan.

Ini cerita kopi hitam ku, mana serita kopi hitam mu.... (Baca Juga Artikel Menarik : Suara Alam Dalam Keheningan)


EmoticonEmoticon