Ilmu Taksonomi Tumbuhan

Taksonomi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu takson (kelompok/unit) dan nomos (hukum/aturan). Taksonomi tumbuhan  adalah ilmu yang mempelajari tentang identifikasi, klasifikasi, penamaan dan evolusi pada tumbuhan atau tanaman.  

Mungkin anda akan bertanya-tanya apa perbedaan antara tumbuhan dan tanaman ..?  :)

Tumbuhan adalah vegetasi yang masih hidup bebas di alam atau belum dipelihara ( Budidaya ) sedangkan Tanaman adalah vegetasi yang telah dilakukan pembudidayaan.
 
Sebagai seorang rimbawan atau orang yang berkecimpung di dunia kehutanan harus mempelajari dan mendalami ilmu Taksonomi karena sebagai rimbawan kita tidak akan terlepas dari dunia tumbuhan baik di lingkungan perguruan tinggi maupun dilingkungan kerja kita nantinya.
Secara garis besar hal-hal yang dipelajari dalam ilmu taksonomi adalah identifikasi, klasifikasi, penamaan dan evolusi. Kesimpulan dari mempelajari Ilmu Taksonomi Tumbuhan adalah kita mengamati evolusi.


Pengertian

Identifikasi :

Proses pengenalan jenis tumbuhan/tanaman berdasarkan bentuk dan ukuran melalui panca indera baik mata, hidung, lidah dan kulit. Ada tiga cara dalam melakukan identifikasi yaitu

      1)   Berdasarkan referensi/buku-buku atau kunci identifikasi
      2)   Spesimen herbarium
      3)   Kepada orang yang lebih mengetahui

Buku kunci identifikasi ada yang dibuat sendiri berdasarkan hasil pengamatan tertentu dan ada yang alami artinya memasukan semua semua karakter-karakter yang ada pada tumbuhan.

Klasifikasi :

suatu cara pengelompokan yang didasarkan pada ciri-ciri tertentu. Misalnya Rumput, Teki dan Pohon. Tokoh ahli botani berkebangsaan Swedia yang terkenal adalah Carolus Linnaeus dengan sistem klasifikasinya. Sistem klasifikasi Linnaeus tetap digunakan sampai sekarang karena sifatnya yang sederhana dan fleksibel sehingga suatu organism baru tetap dapat dimasukkan dalam sistem klasifikasi dengan mudah meskipun terdapat peneliti yang menemukan spesis baru. Nama-nama yang digunakan dalam sistem klasifikasi Linnaeus ditulis dalam bahasa Latin karena pada zaman Linnaeus bahasa Latin merupakan bahasa yang resmi di dunia pendidikan pada saat itu.

Penamaan :

Penamaan merupakan proses pemberian nama pada tumbuhan. Setelah dikelompokan (klasifikasi) langkah selanjutnya yaitu pemberian nama. Jadi jangan heran kalau ada jenis-jenis tanaman yang berdasarkan nama atau marga orang sebab orang tersebut yang pertama kali menemukanya namun ada juga yang memberikan nama berdasarkan hal lain misalnya nama daerah dan sebagainya. Pemberian nama sampai saat inijuga masih menggunakan teori penamaan Carolus Linnaeus yaitu tatanama binomial (nomenklatur binomial) atau dua kata contoh Arenga pinata ( aren) dan pemberian nama harus juga mengacu pada Kode Internasional Tata nama Tumbuhan ( KITT ).

Evolusi :

Evolusi adalah prose perkembangan makhluk hidup terjadi dalam jangka waktu sangat lama. Bisa juga disebut hubungan kekerabatan artinya mencari hubungan antara indivu A dan individu B Evolusi dikenal dalam dua sudut pandang yaitu evolusi progresif dan evolusi regresif. evolusi progresif yaitu makhluk hidup yang berubah akan mampu bertahan dan tidak punah sedangkan evolusi regresif kemungkinan atau opsi yang kedua adalah mahluk hidup yang berubah atau berevolusi tadi gagal bertahan hidup dan akhirnya punah.

Jadi inti dari Taksonomi Tumbuhan Adalah mengamati evolusi dengan cara selalu melakukan identifikasi, klasifikasi dan pemberian nama pada tumbuhan.

2 komentar

Mantap gan!!! Jadi Tau banyak tentang Taksonomi nih... :D


EmoticonEmoticon