Hemat Kertas Dalam Upaya Melestarikan Hutan

Setiap hari kita pasti menggunakan atau paling tidak berhubungan dengan kertas. Tanpa sadar kalau perilaku boros kertas itu ternyata turut menyebabkan laju pemanfaatan hutan. Setiap hari ada berapa jutaan lembar kertas yang dipakai oleh orang-orang di seluruh dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya ini artinya ada jutaan pohon hutan yang ditebang untuk memenuhi kebutuhan segala bentuk kebutuhan bahan baku pembuatan kertas tersebut sebab kertas saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok  masyarakat. Dilihat dari lingkungan sekitar kita sekeliling kita banyak barang-barang  yang terbuat dari bahan  kertas buku, tisu, gardus, koran, majalah dan lain sebagainya.

Bahan baku kertas dari sebatang pohon dan untuk satu rim kertas saja paling sedikit memerlukan setidaknya satu batang pohon ditebang. Coba kita pikirkan berapa banyak pohon yang harus ditebang untuk memenuhi semua kebutuhan kertas pada manusia di muka bumi ini. Pemanfaatan hasil hutan kayu dalam proses pembuatan kertas adalah hal yang lumrah karena hal itu merupakan satu bentuk upaya pemanfaatan hasil hutan, namun kenyataan yang terjadi sekarang adalah laju pemanfaatan hutan untuk bahan baku kertas semakin meningkat dan berbanding terbalik dengan pemeliharaan hutan itu sendiri. Begitu banyak barang-barang yang terbuat dari  kertas dan tidak sedikit pula kertas yang pada akhirnya dibuang atau berakhir tempat sampah. Oleh karena itu kita harus sungguh sungguh memperhatikan tingkat pemanfaatan kertas secara optimal dengan cara penghematan terhadap segala bentuk pemanfaatan kertas dalam kehidupan kita sehari-hari. 


Dibawah ini adalah beberapa tips hemat kertas yang dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari :

1.   Gunakan kertas dua sisi

Untuk dikalangan pemerintahan atau swasta apabila dokumen atau surat-surat yang masih dalam bentuk konsep maka sebaiknya menggunakan kertas dua sisi sebab kalau masih dalam bentuk konsep biasanya konsep tersebut masih akan terjadi perubahan-perubahan atau koreksi dari atasan atau pimpinan, tindakan menghemat kertas dua sisi sangat baik diterpakan dalam hal seperti ini. Begitu juga di kalangan sekolah atau perguruan tinggi diharapkan dari pihak guru dan dosen agar bisa menerapkan tips ini kepada siswa dan mahasiswa agar dalam membuat tugas sekolah maupun tugas kampus dapat menggunakan kertas-kertas bekas yang ada atau kertas dengan dua sisi.

2. Mendaur ulang kertas bekas

Kertas-kertas bekas bisa didaur ulang untuk pemnafaatan lain selain menulis dan mencetak. Kertas bekas dapat digunakan kembali dalam bentuk  aneka kerajianan tangan seperti, bingkai goto, kotak tisu , tempat alat tulis menulis, pembungkus barang dan lain-lain sesuai dengan kreatifitas kita.

3. Memanfaatkan Teknologi

Seiring dengan perkembangan teknologi seperti internet juga dapat membantu dalam proses penghematan kertas. Dokumen-dokumen yang dapat dikirim melalui via email dan hanya akan dicetak pada waktu tertentu sehingga mengurangi penggunakan kertas untuk mencetak dokumen tersebut di saat yang belum tepat waktunya.

Dengan memperhatikan tips sederhana diatas semoga kita dapat melakukan penghematan kertas dan tetap konsisten sebagai kebiasaan berperilaku menjaga dan melestarikan hutan kita (Baca Juga : Konsep Hutan Normal)


EmoticonEmoticon