Bumi Bukan Warisan Dari Nenek Moyang Melainkan Titipan Buat Anak Cucu Kita

Bumi Bukan Warisan Dari Nenek Moyang Melainkan Titipan Buat Anak Cucu Kita. Bila kita beranggapan bahwa bumi ini merupakan warisan nenek moyang maka kita akan cenderung memanfaat sumber daya alam secara berlebihan. Hutan ditebang sesuka hati tanpa dilakukan penanaman kembali, pemanfaatan hasil tambang secara berlebihan dan membuang sampah bukan pada tempatnya.Bila kita  beranggapan bahwa bumi ini merupakan titipan buat anak cucu kita. Maka kita akan terus berusaha menjaga titipan ini agar bisa dinikmati oleh generasi penerus yang akan datang dengan cara menjaga kelestarian bumi ini.

 
Dalam menjaga agar kehidupan di bumi ini tetap lestari kita tidak perlu menjadi super hero seperti tokoh film  yang sering tampil di layar kaca tapi kita cukup jadi diri sendiri lewat tindakan-tindakan keseharian kita yang mencerminkan cinta akan lingkungan hidup. Tindakan-tindakan sederhana yang dapat kita lakukan adalah :

1. Menanam tanaman

Jangan biarkan lahan tidur atau lahan kosong, tanamilah apa saja yang bisa ditanam di pekarangan rumah baik tanaman kehutanan dalam hal ini pohon atau tanaman hotikultura seperti bawang, cabe , tomat dan sayur-sayuran karena dengan menanam lingkungan sekitar akan terasa sejuk dan nyaman lewat keseimbangan antara penyerapan karbon dioksoda (C02) dan distribusi oksigen (O2) pada tanaman dalam proses fotosintesis. Tanah yang memiliki vegetasi (tanaman) cenderung rendah tingkat aliran permukaan sehingga kesuburan tanah akan tetap terjaga mengingat unsur hara sebagian besar berada pada permukaan tanah disamping itu meminimalisir kemungkinan terjadinya banjir.

2. Buanglah sampah pada tempat sampah

Buanglah sampah pada tempatnya alangkah baiknya dipisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik agar mempermudah petugas kebersihan dalam menjaalankan tugas mereka disamping itu bias di daur ulang baik dibuat pupuk kandang atau dibuat pernak-pernik terserah anda. Ini merupakan hal kecil yang sebagian besar orang menganggap sepeleh. Sangat disayangkan  bila orang yang membuang sampah sembarangan dan beranggapan bahwa hal itu biasa-biasa saja, seiring dengan terjadi kepadatan penduduk jika sebagian besar orang yang seperti diatas maka dari satu sampah akan menjadi beribu-ribu sampah dalam waktu yang relati singkat.

3. Saling mengingatkan  

Selalu saling mengingatkan sesama,misalnya ada sikap dan tingkah yang belum menyadari tentang sampah lebih disayangkan bila orang yang sudah memahami hal-hal menyangkut pengelolaan sampah dan dengan sengaja membiarkan orang membuang sampah kesembarang tempat, sama saja dia memupuk tindakan-tindakan yang kurang tepat di lingkungan sekitarnya, memngingat dampak-dampak lingkungan ini bersifat menyuluruh artinya semua akan merasakan imbasnya.

Itulah sebagian kecil tinndakan-tindakan sederhana namun sangat berarti bila dijadikan sebagai kebiasaan dalam keberadaan kita di bumi yang di titipkan buat anak cucu ini, semoga kita semua dapat menjadi manusia yang berguna buat masyarakat dan lingkungan sekitar kita. Salam Lestari  :)(Baca Juga : Alam Melestarikan Manusia)


EmoticonEmoticon